Kenapa Cukur Bulu Buat Kulit Jadi Sensitif?

kaki
Sumber :
  • corbis.com

VIVAnews - Mencukur buku kaki menggunakan pisau cukur seringkali menimbulkan rasa tak nyaman di kulit. Bukan hanya risiko terkena pisau cukur atau iritasi kulit, tapi juga membuat kulit menjadi lebih sensitif.

"Setelah bulu dihilangkan kulit memang akan cenderung lebih sensitif. Tetapi ini bisa segera diatasi dengan cara mudah agar kulit tidak menjadi bermasalah," kata Shannaz Nadia Yusharyahya, dokter spesialis kulit.

Menurut Shannaz, itu terjadi lantaran kulit kehilangan lapisan pelindung kulit. Sebab, bulu yang tumbuh di beberapa bagian tubuh berfungsi sebagai pelindung kulit dan pengatur suhu tubuh (termoregulasi).

Untuk mengatasi masalah usai cukur bulu, coba gunakan pelembab kulit dan tabir surya secara lebih sering. Ini untuk memberi perlindungan kulit secara ekstra. Tapi ingat, metode pencukuran juga menentukan tingkat masalah yang timbul.

"Jika bulu dibersihkan dengan cara dicukur masalah yang sering muncul adalah tumbuhnya rambut di dalam kulit atau in grown. Setiap cara membersihkan bulu sebenarnya memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri," katanya.

Untuk Anda yang ingin membersihkan bulu yang mengganggu sebaiknya cari metode yang sesuai kebutuhan. Jika memang ingin melakukannnya sendiri di rumah secara semipermanen, pastikan cara yang dilakukan sangat aman, baik dengan mencukur atau menggunakan krim yang banyak di jual di pasaran.

Dan, jika memang ingin menghilangkan bulu secara permanen berkonsultasilah dulu dengan dokter kulit dan ketahui secara detail kekurangan dan kelebihannya. (adi)

Gerindra Sebut Petinggi Nasdem Bawa Kabar Gembira buat Prabowo
Nathan Tjoe-A-On

Erick Thohir Beri Kabar Baik soal Nathan Tjoe-a-On, Bisa Bela Timnas Indonesia Vs Korea Selatan

Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengumumkan berita baik perihal Nathan Tjoe-a-On yang akhirnya diizinkan klubnya Heerenveen untuk kembali memperkuat timnas di Piala AFC U-23

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024