Jaksa Cirus Kaget Jadi Tersangka Suap

Kesaksian Cirus Sinaga
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Jaksa Cirus Sinaga kaget dijadikan tersangka oleh Mabes Polri. Cirus yang diduga menerima suap saat menjadi jaksa peneliti perkara penggelapan, pencucian uang, dan korupsi Gayus Tambunan baru mengetahui status tersangka itu semalam.

"Dia tahu setelah saya telepon. Dia kaget. Dia bilang oh.., berarti yang zaman dulu waktu pernah diperiksa," kata pengacara Cirus, Parlindungan Sinaga saat dihubungi wartawan, Rabu 2 Februari 2011.

Parlindungan mengatakan, Cirus terkejut lantaran selama ini dirinya tak pernah disebut-sebut dalam kasus mafia hukum itu.

Tim Pengawal Anies Pamitan usai Pilpres 2024 Berakhir

Cirus sendiri, kata dia, hanya diperiksa terkait masalah mafia hukum oleh tim independen yang dipimpin oleh Irjen Pol Mathius Salempang. "Sama sekali tidak disinggung masalah uang, tidak pernah. Memang pernah tapi itu dulu," kata dia.

Cirus saat ini juga menyandang status tersangka dugaan pemalsuan rencana penuntutan kasus Gayus Tambunan. Untuk kasus ini, Cirus sudah beberapa kali menjalani pemeriksaan.

Pada Selasa 1 Januari 2011, polisi telah mengirimkan Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) kepada Kejaksaan Agung terkait hal itu. SPDP menunjukkan bahwa status seseorang sudah menjadi tersangka karena sudah dimulai tahap penyidikan.

Pada SPDP Nomor B/319/I/2011/Bareskrim tertanggal 31 Januari 2011 itu, nama Cirus Sinaga tercantum sebagai tersangka terkait dugaan mafia hukum dalam penanganan perkara Gayus.

Cirus diduga melanggar Pasal 12 huruf e, Pasal 21 dan Pasal 23 UU No 20/2001 tentang perubahan atas UU No 31/1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Pasal 12 huruf e itu menjerat tersangka dengan dugaan menyalahgunakan jabatan dan memperkaya orang lain. Ancaman hukuman maksimal seumur hidup dengan denda minimal Rp200 juta.

Perasaan Shin Tae-yong Usai Timnas Indonesia U-23 Singkirkan Korea Selatan

Sementara, Pasal 21 menjerat tersangka yang merintangi penegakan hukum dalam bidang korupsi dan diancam hukuman maksimal 12 tahun penjara. Selengkapnya baca di sini. (umi)

Film Badarawuhi di Desa Penari

Film Badarawuhi di Desa Penari Bakal Tayang di 28 Negara Bagian AS

Kabar membanggakan datang dari dunia perfilman Tanah Air. Film produksi MD Pictures berjudul Badarawuhi di Desa Penari akan segera tayang di Amerika Serikat.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024