RUU Keistimewaan Yogyakarta

Sikap Resmi PDIP atas Keistimewaan DIY

Megawati dan Sri Sultan Hamengkubuwono X
Sumber :
  • Antara/Regina Safri

VIVAnews - Juru Bicara Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan di Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat, Alexander Litaay, mengatakan ciri pokok keistimewaan Yogyakarta pada keunikan posisi kepala daerah dan wakilnya yakni, masing-masing dijabat oleh Sultan dan Paku Alam bertahta melalui penetapan.

"Konsistensi atas pengakuan terhadap keistimewaan inilah menurut Fraksi PDI Perjuangan harus menjadi roh pengaturan," kata Litaay saat menyampaikan pandangan mini fraksi di hadapan panitia kerja RUU Keistimewaan Yogya, Rabu 2 Februari 2011.

PDI Perjuangan berpendapat draf Pemerintah dapat dibahas lebih lanjut untuk penyempurnaan. Litaay banyak mengritisi pengantar pembahasan oleh Mendagri pada rapat pekan lalu. Di antaranya, pemerintah menyimpulkan bahwa Yogyakarta tidak pernah menimbulkan dilema bagi Indonesia, tetapi justru solusi bagi masalah-masalah yang dihadapi Indonesia.

"Namun dalam praktiknya, justru pemerintah yang membuat dilema bagi Yogyakarta," kata Litaay.

PDI Perjuangan juga mengritik pandangan pemerintah mengenai mekanisme pengisian gubernur. PDI Perjuangan berpendapat, tidak ada relevansi mengaitkan status keistimewaan dengan memisahkan jabatan kesultanan dengan Pemerintah guna menghindari hukum. "Adagium "the king can do no wrong" dalam negara hukum menjadi tidak berlaku," kata Litaay.

Litay juga menyoroti argumen pemerintah bila gubernur Yogya melalui penetapan, akan rumit bila Sultan bertahta berusia senja atau masih belia. "Penjelasan pemerintah tersebut lemah dan cenderung mengada-ada. Pemerintah menafikan mekanisme internal kraton yang terbukti efektif mengantisipasi beberapa kemungkinan disebut pemerintah. Keraton memiliki aturan-aturan internal yang disebut paugeran yang di dalamnya juga mengatur sistem perwalian ketika Sultan yang bertahta masih berusia remaja." (adi)

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman
Pemain Chelsea rayakan gol Raheem Sterling

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

Pelatih Chelsea, Mauricio Pochettino coba memproteksi Raheem Sterling. Pemain asal Inggris itu menjadi sasaran ejekan suporter saat tampil di Piala FA lawan Leicester.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024