Garuda Tarik Pilot Mandala

Maskapai Mandala
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - PT Garuda Indonesia Tbk akan menarik pilot maskapai Mandala Airlines sebagai karyawan maskapai pelat merah itu. Namun, Garuda tidak akan mengambil seluruh pilot Mandala tersebut.

"Kami sudah membicarakan kerja sama dengan Mandala sebelum pengumuman berhenti operasi sementara," kata Direktur Utama Garuda Indonesia, Emirsyah Satar, di Jakarta, Rabu, 2 Februari 2011.

Emirsyah mengatakan, Mandala saat ini memiliki 36 pilot. "Tapi, kami tidak akan ambil semua," ujar Emir. Garuda juga belum berencana mengambil alih rute ataupun menjadi investor di Mandala. "Kalau rute kami sudah punya," tuturnya.

Menurut Emirsyah, penambahan pilot tersebut guna mendukung pengembangan bisnis Garuda.

Direktur Keuangan Garuda, Elisa Lumbantoruan, mengatakan frekuensi penerbangan Garuda pada Januari tahun ini bertambah menjadi 311 penerbangan per hari dari sebelumnya 247 penerbangan per hari pada periode yang sama tahun lalu.

Tahun ini, dia menjelaskan Garuda akan menambah 12 pesawat baru dengan tiga rute internasional baru yaitu Mumbai, Jeddah, dan Taipei.

Seperti diberitakan sebelumnya, Mandala Airlines menghentikan seluruh penerbangan karena masalah keuangan. Tarif sewa pesawat yang dikenakan oleh Indigo Partners terlampau mahal sehingga memberatkan perusahaan.

Tak pelak, Mandala harus mengembalikan lima pesawat Airbus yang disewa dari Indigo, perusahaan pemilik pesawat yang sekaligus menjadi pemegang 49 persen saham Mandala.

Luar Dalam Bulan Akhirnya Terkuak

"Kami harus merestrukturisasi perusahaan guna memberi kesempatan kepada investor baru masuk," ujar Direktur Utama Mandala Airlines, Diono Nurjadin, beberapa waktu lalu.

Toyota Starlet

Toyota Starlet Bakal Dihidupkan Lagi sebagai Mobil Listrik, Begini Tampangnya?

Mobil hatchback legendaris Toyota Starlet dikabarkan akan kembali dihidupkan kembali. Namun, kabarnya pabrikan asal Jepang itu akan jadikan Starlet sebagai mobil listrik.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024