Selera Musik Pengaruhi Kehidupan Cinta

Usir Stres
Sumber :
  • doc Corbis

VIVAnews - Musik membuat hidup ini lebih berwarna. Musik favorit bahkan bisa memengaruhi kehidupan cinta. Sebuah studi baru-baru ini mencoba meneliti keterkaitan antara identitas pribadi, musik, dan alasan kecocokan pasangan.

Misteri itu mendorong LA Weekly Blog untuk menggali lebih dalam mengenai apa, mengapa kita menyukai musik tersebut, dan bagaimana musik dapat mempengaruhi kisah cinta seseorang.

Pada masa remaja, musik menjadi simbol identitas pribadi yang dapat membantu seseorang untuk berkembang.

Duo peneliti, North dan Hargraves, mengatakan bahwa musik berfungsi sebagai simbol untuk mengekspresikan diri mereka melalui ide-ide kreatif. Contohnya, di saat seorang anak tumbuh sebagai pemberontak, ia akan memilih musik yang menggambarkan jiwa pemberontaknya.

Mungkin awalnya, Anda menyukai jenis musik tertentu karena terpengaruh teman-teman Anda. Namun pada akhirnya, Anda akan menemukan diri Anda dalam jiwa musik itu sendiri. Anda pun masuk dan merefleksikan nilai-nilai pada musik tersebut.

Menurut North dan Hargraves, musik heavy metal atau rock terkait dengan kesadaran sosial dan pemberontakan. Sedangkan musik pop terkait dengan nilai-nilai peran gender dan kesetaraan.

Peneliti lainnya, Scholar Rentfrow dan Gosling pun mencoba meneliti hal ini dan menemukan bahwa orang yang menyukai musik blues, jazz, dan klasik termasuk orang yang liberal dan terbuka akan pengalaman baru.

Blog ini juga mengarahkan sebuah studi yang menemukan bahwa kesukaan wanita terhadap musik country akan mengurangi daya tariknya terhadap pria, dan pria yang menyukai musik tersebut juga akan terlihat kurang menarik bagi wanita.

Sedangkan, kesukaan terhadap musik klasik dan heavy metal akan memberikan pengaruh yang berbeda bagi pria dan wanita.

"Pasangan yang menyukai musik country terbukti kurang atraktif terhadap lawan jenis. Sedangkan menyukai heavy metal dapat meningkatkan daya tarik pada pria, namun terbukti merugikan bagi wanita," ujar para peneliti seperti dikutip oleh Laman Daily Mail.

Berbeda dengan musik rock, musik klasik akan mengurangi daya tarik pada pria, tetapi dapat meningkatkan daya tarik pada wanita. Studi ini juga membuktikan bahwa pria akan sangat tergila-gila dengan wanita jika dapat membagi selera musiknya.

Jadi, yang mana selera musik Anda?

Kematiannya Dianggap Tak Wajar, Makam Seorang Pria di Garut Dibongkar
Juru bicara militer Israel, Daniel Hagari menunjukkan bangkai rudal Iran

Klaim Tangkis 99 Persen Serangan Rudal dan Drone Iran, Pakar Militer Sebut Israel Halu

Pakar militer Israel, Or Fialkov, pada Rabu setempat mengatakan bahwa bahwa pihak berwenang Tel Aviv memberikan informasi palsu soal serangan Iran.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024