Angket Pajak atau Angket Mafia Pajak

Wakil Ketua KEIN, Arif Budimanta.
Sumber :
  • Antara/ Rosa Panggabean

VIVAnews - Panitia Kerja Perpajakan Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat merekomendasikan Hak Angket Pajak kepada pimpinan Dewan. Dengan begitu, ada dua usulan Hak Angket Pajak yang muncul.

"Usul Hak Angket Pajak ini merupakan hasil rekomendasi Panitia Kerja Perpajakan," kata Arif Budimanta, anggota Panja Perpajakan Komisi XI, kepada VIVAnews, Sabtu 5 Februari 2011.

Usulan Hak Angket ini, kata politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu berdasarkan dua hal. Pertama, Panja menyimpulkan penerimaan perpajakan bisa lebih ditingkatkan dari yang ada sekarang. Kedua, ada kasus-kasus yang berkaitan dengan penerimaan perpajakan.

"Kasus-kasus ini dilaporkan Badan Pemeriksa Keuangan, dan terungkap dalam rapat-rapat Panja," kata Arif.

Karena itu, 35 anggota Panja kemudian menyetujui perlu Hak Angket untuk membongkar lebih jauh supaya ada perbaikan. "Jika kemudian usulan ini dicampur dengan usulan Hak Angket Mafia Perpajakan yang diteken 114 orang, juga tidak masalah," kata Arif.

"Setidaknya, usulan Hak Angket Pajak ini memperkuat dan memberi landasan konstitusional yang kuat," katanya. "Silakan nanti paripurna DPR memutuskan, apakah dipisahkan atau digabung jadi satu Hak Angket," katanya.

Usul Angket Pajak ini sudah diserahkan ke Wakil Ketua DPR pada Jumat kemarin. Usulan ini merupakan hasil kerja Panja yang sudah bekerja sejak Februari 2010 sampai 18 Desember 2010.

Sementara usul Angket Mafia Perpajakan diusulkan ke pimpinan DPR pada Rabu 2 Februari lalu, yang ditandatangani 114 legislator dari delapan fraksi. Wakil Ketua DPR Anis Matta merupakan penandatangan ke-114.

Suara Golkar di Pemilu 2024 Naik Signifikan, Airlangga: Hitungan Kami Dapat 102 Kursi
Anak selebgram Aghnia Punjabi dianiaya

Anak Selebgram Aghnia Punjabi Diduga Dianiaya Pengasuh, Badan Diduduki hingga Kepala Dibanting

Anak selebgram Aghnia Punjabi diduga dianiaya pengasuh. Wajah anaknya babak belur. Mata kiri lebam, bekas luka di daun telinga, dan bibir juga terluka.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024