Besok, Angket Mafia Pajak Dibawa ke Paripurna

Priyo Budi Santoso ikut teken usul Angket Mafia Pajak
Sumber :
  • VIVAnews/ Suryanta Bakti

VIVAnews - Wakil Ketua DPR, Priyo Budi Santoso menegaskan bahwa usulan hak angket mafia pajak yang telah ditandatangani oleh 114 anggota dewan akan dibacakan secara resmi di Rapat Paripurna.

"Usul angket (mafia pajak) akan diumumkan pada sidang paripurna Selasa besok," kata Priyo dalam pesan singkatnya, Senin 7 Februari 2011.

Usulan hak angket mafia pajak itu bergulir semenjak dua pekan lalu dan disampaikan secara resmi kepada  pimpinan dewan pekan lalu. Berdasarkan data terakhir,  saat diserahkan ke pimpinan, usulan angket itu  telah diteken oleh 114 anggota DPR. Tiga pimpinan lembaga itu yakni Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso dari Golkar, Pramono Anung dari PDIP, dan Anis Matta dari PKS ikut meneken.

Dari ke-114 tanda tangan, 75 di antaranya berasal dari Fraksi Golkar, 15 orang berasal dari FPDI Perjuangan, 10 orang dari FPKS, 1 orang dari FPAN, 2 orang dari FPPP, 1 orang dari FKB, 8 orang dari Fraksi Hanura, dan 2 orang dari Fraksi Gerindra. Sejumlah inisiator hak angket itu mengklaim bahwa jumlah tersebut sangat mungkin bertambah sebab banyak anggota yang  mendukung angket, namun belum sempat  menandatangani lembar usulan.

"Ada beberapa fraksi yang menyatakan mendukung penuh angket mafia pajak, di antaranya, PDIP yang berjumlah 94 anggota, Golkar dengan 106 anggota,  anggota PKS, Hanura, dan Gerindra," kata penggagas angket dari Fraksi Hanura, Syarifuddin Suding saat menyampaikan usul angket tersebut ke pimpinan dewan pekan lalu.

Inisiator angket lainnya, Ahmad Yani, menegaskan bahwa tidak masalah apabila dukungan individu anggota dewan berseberangan dengan sikap fraksinya. "Karena itu adalah hak anggota DPR yang dijamin oleh undang-undang," jelas Yani. Ia mengaku, dirinya pun menandatangani angket atas nama pribadi, bukan fraksi. "Tapi saya apresiasi sikap fraksi,"kata anggota fraksi PPP ini.

Mobil Harvey Moeis Disita Lagi, 2 Ferrari dan 1 Mercy
Rafael Struick latihan bersama Indonesia U-23

Rafael Struick Absen Bela Timnas Indonesia di Semifinal Piala Asia U-23

Penyerangan Timnas Indonesia, Rafael Struick bakal dipastikan absen memeprkuat skuad asuhan Shin Tae Yong pada babak Semifinal Piala Asia 2024.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024