Dituntut 4 Tahun

Rekan Gayus: Penelaah Pajak 'Teraniaya'

Gayus Tambunan Diperiksa KPK
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Rekan Gayus Tambunan, sesama penelaah pada Direktorat Keberatan dan Banding Ditjen Pajak, Humala Setia Napitupulu dituntut empat tahun penjara oleh jaksa penuntut umum.

Namun, menurut Humala, telah terjadi penganiayaan hukum dalam kasus ini dan bisa jadi seluruh penelaah keberatan hukum dijerat pidana. "Saya sarankan, kantor pajak ditutup saja," kata Humala usai persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin malam 7 Februari 2011.

Menurut Humala, kasus yang menjeratnya ini bisa terjadi pada penelaah keberatan lainnya. "Ini adalah wilayah administrasi perpajakan," ujarnya.

Dia menambahkan, apabila terdapat kesalahan, masih ada proses hukum lain bagi wajib pajak. "Bisa diterbitkan lagi SKP (Surat Ketetapan Pajak)," ujar Humala.

Humala meyakini bahwa apa yang dikerjakannya bersama Gayus Tambunan sudah sesuai prosedur. "Kalau ini tetap divonis, maka seluruh penelaah keberatan di Indonesia 'teraniaya'," tutur dia.

Terinspirasi Langkah Indonesia, Amerika Serikat Suarakan Penundaan dan Perubahan Kebijakan EUDR

Dia berencana untuk membacakan nota pembelaan pada pekan depan. "Saya ada pledoi sendiri, itu hak saya kok," ujarnya.

Jaksa menjerat Humala dengan pasal 3 ayat 1 jo pasal 18 undang-undang pemberantasan tindak pidana korupsi Jo pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Dia dijerat pasal penyalahgunaan wewenang sehingga menguntungkan PT Surya Alam Tunggal. Akibat ketidakcermatan Humala, negara diharuskan membayar Rp570 juta kepada PT SAT. (art)

Kehadiran Anies dan Muhaimin di KPU Tunjukkan Kedewasaan Politik meski Pahit, Menurut Pengamat
Dokter sekaligus influencer, Qin Huilan tampil di ajang Paris Fashion Week.

Berawal dari Hobi Pakai Brand Mewah, Selebgram Berusia 70 Tahun Ini Debut di Paris Fashion Week

Di usia yang tak muda lagi, Qin Huilan baru saja memulai debut di runway Paris Fashion Week. Qin Huilan berjalan di peragaan busana Miu Miu Fall/Winter 2024.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024