Imigrasi: Nunun Keluar Negeri Setahun Lalu

Adang Daradjatun dan Nunun Daradjatun
Sumber :
  • daylife.com

VIVAnews - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih terus menelusuri keberadaan Nunun Nurbaeti Daradjatun. Kesaksian Komisaris PT Wahana Esa Sejati ini sangat penting untuk menjernihkan dugaan aliran cek pelawat saat pemilihan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia tahun 2004.

Di mana si Nunun berada sungguh tidak bisa dipastikan. Sejumlah informasi menyebutkan bahwa Nunun berada di Thailand. Informasi ini datang dari mantan Menteri Perindustrian Fahmi Idris. Bagaimana dengan catatan keimigrasian?

"Pada catatan kami, Nunun terakhir pergi keluar negeri pada 23 Februari 2010. Dia berangkat ke Singapura," kata juru bicara Keimigrasian kementerian Hukum dan HAM, M. Barimbing saat dihubungi VIVAnews.com, Selasa 8 Februari 2011.

Setelah Nunun keluar negeri itu, sambungnya, Imigrasi baru menerima surat permohonan cegah untuk yang bersangkutan. Mengenai informasi Nunun ada di Thailand, Barimbing mengungkapkan Imigrasi Jakarta tidak menerima informasi ini. "Memang sistem Imigrasi kita ini tidak online. Jadi, kami tidak dapat informasi dari keimigrasian di Singapura dan Thailand soal keberadaan Nunun," jelasnya.

Hingga hari ini, kata dia, Imigrasi Indonesia belum melacak keberadaan Nunun di tanah air. "KPK memang sudah meminta jika yang bersangkutan masuk ke Indonesia, paspornya ditahan."

Berani Adang Maling, Karyawan Alfamart di Semarang Naik Jabatan Jadi Kepala Toko

Nunun diduga terlibat dalam aliran cek pelawat ke sejumlah anggota Komisi Keuangan dan Perbankan periode 1999-2004. Cek ini mengalir usai pemilihan Miranda S Goeltom sebagai Deputi Gubernur Senior BI. Dalam sidang salah satu politisi, Dudhie Makmun Murod, Majelis hakim Pengadilan Khusus Tindak Pidana Korupsi menilai cek tersebut berasal dari Nunun.

Ilustrasi pria marah/emosi.

Gak Boleh Dipendam, Rasa Marah Bisa Memicu Gaya Hidup Tidak Sehat

Rasa marah adalah kondisi emosional dasar yang dimiliki setiap manusia. Ketika dipendam terlalu lama, otak akan mengeluarkan hormon kortisol, yang menjadi penyebab stres.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024