Kemenkeu: Ekonomi Tumbuh 6,1% Tapi Tak Ideal

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia
Sumber :

VIVAnews - Pemerintah mengakui pertumbuhan ekonomi sebesar 6,1 persen pada 2010 belum sepenuhnya ideal. Pasalnya, meski pertumbuhan tersebut melebihi target, namun dibarengi dengan inflasi yang melebihi target pemerintah yaitu mencapai 6,96 persen.

"Kalau kondisi ideal itu low inflation growth, itu idealnya dan kami targetkan pembangunan dan ekonomi harus ke sana," kata Plt. Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Bambang Brodjonegoro di sela Rapat Kerja Komisi XI DPR dengan Menteri Keuangan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa, 9 Februari 2011.

Menurut Bambang, inflasi yang terjadi pada tahun 2010 memang di luar ekspektasi pemerintah di mana pencapaian melebih target yang ditetapkan sebesar 5,3 persen. Kemenkeu mengakui terjadinya inflasi pada tahun lalu tersebut dikarenakan adanya ketidaksiapan dari pemerintah.

"Buat saya yang penting sekarang bagaimana tahun 2011, sesuai target 5,3 persen dan kami harus berusaha keras," katanya.

Kondisi ideal pertumbuhan ekonomi, lanjut Bambang, idealnya memang berfokus pada upaya pengendalian inflasi. Untuk itu dibutuhkan upaya berbagai pihak seperti Bank Indonesia yang berupaya menurunkan core inflation, serta pengendalian administered price dan bahan pangan.

Langkah lain yang bisa diupayakan pemerintah adalah mengalokasikan anggaran yang lebih besar untuk pembangunan infrastruktur.

"Pencapaian 6,1 persen itu bagus, kalau mau pertumbuhan ekonomi lebih tinggi walaupun agak susah bisa lebih tinggi lagi karena masih banyak hambatan di sektor infrastruktur," kata Bambang.

Bingung Pilih Skincare Lokal atau Luar? Begini Saran Dokter
Menu di SKYE bar dan restoran Jakarta.

SKYEGASM Senses Experience: Sensasi Kulineran Padukan Rasa, Aroma, Sentuhan dan Pandangan

Melalui konsep ini, SKYE memperkenalkan pengalaman multi sensory dining di mana pelanggan seperti memasuki dunia yang mana rasa, aroma, sentuhan, pandangan, dan suara.

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024