Pertanyaan Ruwet, Menkeu Tegur Anggota DPR

Menteri Keuangan Agus Marto Wardojo (kanan) memaparkan alokasi dana otonomi khusus saat rapat dengan Badan Anggaran DPR RI di Jakarta, Senin (6/12).
Sumber :
  • ANTARA/Yudhi Mahatma

VIVAnews - Menteri Keuangan Agus Martowardojo kembali bereaksi keras dalam rapat kerja dengan Komisi Keuangan dan Perbankan DPR di Jakarta, Selasa, 8 Februari 2011. Agus rupanya terusik oleh anggota dewan yang tengah bertanya dan menyita waktu cukup lama.

Dalam rapat kerja dengan Komisi XI tersebut, salah satu anggota dewan dari Fraksi PAN,  Muhammad Hatta mengajukan pertanyaan bertele-tele dan  menyedot waktu lama. Tiba-tiba Agus melakukan interupsi terhadap anggota dewan.

"Kami ingin ikut dan tunduk pada tata tertib sidang DPR. Pertanyaan bisa dijaga rata-rata dalam 3 menit. Tapi jika bapak mengizinkan tata tertib untuk dilanggar, terserah bapak. Kami ingin waktu kami juga bisa digunakan untuk menyelesaikan tugas lain," kata Agus kepada pimpinan sidang Emir Moeis.

Mendengar pernyataan Agus tersebut, beberapa pengunjung dan wartawan yang duduk di balkon bertepuk tangan. Namun anggota dewan meminta agar menertibkan pengunjung.

“Tolong itu ditertibkan. Dalam rapat kerja tidak boleh ada yang bawa supporter,” tandasnya.

Agus lalu membela pengunjung di balkon dan para juru warta dengan mengatakan, "Bapak jangan cepat marah pada yang di atas (pengunjung di balkon). Biar disayang konstituen," katanya.

Tak hanya itu, Agus juga menegur anggota DPR yang bertanya tanpa mengangkat tangan. Pada saat Agus memaparkan kebijakan Peraturan Menteri Keuangan No 241 mengenai bea masuk impor beras, tiba-tiba anggota Komisi XI Arif Budimanta memotong pernyataan Agus dan menyatakan ketidaksetujuannya terkait bea masuk untuk impor beras wangi.

Merayakan Hari Film Nasional 2024, Arif Brata Ajak Penonton ke Bioskop Menyaksikan Keluar Main 1994

Agus lalu berkata dengan nada keras, "Mohon maaf angkat tangan," sambil mengangkat kertas. "Ini Rp450 per kilogram untuk bea masuk yang harus dikenakan pada beras wangi," lanjutnya.

Dalam beberapa hari ini, Agus seperti tengah bersitegang dengan anggota Komisi XI. Penyebabnya yaitu permintaan anggota dewan agar Peraturan Menkeu tentang Organisasi dan Tata Kerja Sekretariat Komite Pengawasan Perpajakan dihapus. Sementara Agus ngotot untuk mempertahankan komite tersebut. (hs)

Jenderal Zahedi Tewas Dibunuh Israel, Iran Tarik Pasukan dari Suriah
Pembalap Pramac Racing, Jorge Martin

Jadwal Lengkap Sprint Race dan Balapan MotoGP Spanyol 2024, Akhir Pekan Ini

Balapan MotoGP Spanyol akan kembali bergulir pada akhir pekan ini, sejak Jumat 26 April 2024. Para pembalap akan bertanding di sirkuit Jerez pada seri keempat musim ini.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024