Diboikot UE, RI Masukan CPO Lewat Hungaria

Hatta Rajasa
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews - Produk minyak kelapa sawit mentah (crude palm oil/CPO) Indonesia selama ini seringkali diboikot negara-negara Eropa. Untuk
menyiasati hal tersebut, pemerintah berencana masuk ke Eropa dengan memanfaatkan pintu masuk lewat kerja sama perdagangan dengan Hongaria.

Usulan kerja sama perdagangan tersebut mengemuka dalam pertemuan antara Menko Perekonomian Hatta Rajasa dengan Ketua Parlemen Hungaria Laszlo Kover di Kantor Menko Perekonomian, Jalan Wahidin, Jakarta.

"Saya ingin agar hal-hal yang berkaitan, misalkan CPO yang banyak disalahtafsirkaan Eropa, kita bisa jernihkan kalau tempatkan Hungaria sebagai pasar CPO Indonesia di situ," kata Hatta Rajasa.

Menurut Hatta, kedua negara sepakat perlunya peningkatan kerja sama di bidang perekonomian. Sepanjang 2009, volume perdagangan kedua negara mencapai US$150 juta tapi pencapaian itu belum mencerminkan potensi kedua negara.

"Hungaria mengusulkan agar Indonesia menjadikan Hungaria sebagai pintu untuk masuk ke pasar Eropa dan dia juga akan menempatkan Indonesia sebagai gate Hungaria masuk ke pasar Asia," kata Hatta.

Selain perdagangan, Indonesia juga berharap agar pengusaha Hungaria makin aktif berinvestasi di tanah Air. Selama ini Hungaria terkenal kuat di sektor informasi dan teknologi (IT) terutama bidang pertahanan. (umi)

Pelatih Persib Puji Timnas Indonesia U-23 Lolos ke Perempat Final Piala Asia U-23
Putin Bersama Wamenhan (Doc: Politico)

Wamenhan Rusia Ditangkap Atas Dugaan Korupsi

Wamenhan Rusia Timur Ivanov ditangkap dan ditahan atas dugaan kasus korupsi dengan menerima suap skala besar.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024