Polri: Hari Ini Konfrontasi Gayus Vs Haposan

Gayus Tambunan menjalani sidang putusan.
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Penyidik Mabes Polri melakukan pemeriksaan kepada bekas pengacara Gayus Tambunan, Haposan Hutagalung terkait  dugaan pemalsuan rencana penuntutan. Dalam pemeriksaan ini, penyidik akan melakukan konfrontasi antara Haposan dengan Gayus Tambunan.

"Rencana itu hari ini ada, tapi jamnya saya belum tahu pasti," kata Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri, Komisaris Besar Boy Rafli Amar, di Mabes Polri, Jakarta, Jumat 11 Februari 2011.

Menurut Boy, penyidik merasa perlu melakukan konfrontrasi terhadap Haposan dan Gayus karena ada keterangan yang berbeda di antara keduanya terkait dugaan pemalsuan rentut perkara penggelapan, pencucian uang, dan korupsi Gayus Tambunan. "Ada pernyataan yang berbeda, jadi ini untuk mencocokkan keterangan,"  kata dia.

Dugaan pemalsuan rentut itu diketahui setelah Gayus  Tambunan menunjukkan telah menerima dua rentut berbeda dalam perkara penggelapan, pencucian uang, dan korupsi yang dia lakukan. Dari  dokumen yang dipegang Gayus, diketahui kedua  Rentut itu dikirim melalui mesin faksimili di kantor Jampidum.

Rentut pertama dengan nomor R 431/E.3/Ep/02/2010, isinya akan menuntut Gayus dengan pidana penjara satu tahun. Sedangkan rentut  kedua dengan nomor R 455/E.3 Ep/02/2010 berisi  Gayus akan  dituntut satu tahun penjara dengan masa percobaan satu tahun.

Untuk memperoleh rentut itu, Gayus mengaku tak gratis. Gayus   harus mengeluarkan uang sebesar  Rp5 miliar kepada Haposan untuk diberikan kepada oknum Kejaksaan. Namun,  uang itu tidak cukup, sehingga Gayus harus memberi tambahan lagi  sebesar US$50 ribu untuk mengubah Rentut dari  Jampidum dari pidana satu tahun penjara menjadi satu tahun percobaan.

Selain Haposan, mantan Jaksa Peneliti kasus Gayus, Cirus Sinaga juga telah dijadikan tersangka dalam kasus pemalsuan rentut ini. Haposan dan Cirus yang dilaporkan Kejaksaan Agung ke Bareskrim Mabes Polri itu diancam dengan Pasal 263 KUHP tentang Pemalsuan.

Viral Video Transformasi Makeup Pengantin Jadi Sorotan Netizen

Cirus sendiri, melalui pengacaranya Tumbur Simanjuntak mengaku tidak mendapat panggilan dalam pemeriksaan yang diagendakan penyidik polri ini. "Pak Cirus tidak mendapatkan panggilan untuk pemeriksaan," kata Tumbur ketika dihubungi. (umi)

Anies hadiri acara penetapan Prabowo-Gibran sebagai Presiden-Wakil Presiden Terpilih di KPU.

Anies soal Tawaran Jadi Menteri di Kabinet Prabowo: Belum Ada yang Ngajak

Anies juga merespons soal kemungkinan dirinya bergabung dengan koalisi Prabowo Subianto, termasuk jika ditawari kursi menteri di kabinet Prabowo-Gibran

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024