PPATK Sulit Usut Sumber Dana Gayus

Gayus Tambunan Diperiksa KPK
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Yunus Husein mengaku kesulitan menelusuri sumber uang Gayus Halomoan Tambunan senilai Rp74 miliar. Alasan Yunus, karena dalam melakukan transaksi, Gayus menggunakan transaksi secara tunai.

"Kalau lewat sistem, bisa dilacak ke belakang. Kalau tunai, dia tidak mau mengaku, penyidik tidak bisa temukan, apalagi kami, pasti kesulitan," kata Yunus kepada wartawan di Gedung KPK, Jakarta, Jumat, 11 Februari 2011.

Begitu juga halnya dengan uang di rekening Gayus senilai Rp28 miliar. Berdasarkan Laporan Hasil Analisis (LHA), Yunus menyatakan, belum diketahui secara pasti asal muasal uang tersebut.

"Tapi kalau ditanya ke mana perginya uang yang Rp28 miliar, yang ada di analisis kami, ada beberapa yang terkait dengan keluarga Gayus dan pihak-pihak lain yang sudah jadi tersangka di PN Jaksel itu," kata Yunus.

Yunus juga mengatakan pihaknya sudah meminta informasi dan menyusuri keberadaan harta Gayus ke beberapa negara seperti, Malaysia, Singapura, Macau, dan Malaysia. "Di Malaysia dia tidak punya uang sama sekali. Dari Singapura belum ada jawaban. Bacau belum ada. Amerika juga belum," katanya. (kd)

Cerita Perjuangan TikTokers Sasya Livisya, Sering Dapat Hate Comment karena Penampilannya
Ilustrasi anak-anak .

Pentingnya Kesehatan di Masa Golden Age Anak, Bakal Tentukan Kondisi Masa Depan

Dalam masa golden age itu, terjadi juga perkembangan kepribadian anak dan pembentukan pola perilaku, sikap, serta ekspresi emosi.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024