Cegah Kanker Sejak Dini

Penderita kanker payudara
Sumber :
  • corbis

VIVAnews - Kanker merupakan penyakit yang tidak diketahui penyebabnya secara pasti. Namun, gaya hidup tak sehat seperti merokok, diet yang tidak sehat, faktor lingkungan, obesitas, kurang aktivitas fisik, dan stres, bisa menjadi faktor peningkat risiko.

"Kanker itu sangat sulit diketahui penyebabnya, jadi yang kita upayakan perilaku hidup sehat," kata Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih, saat membuka acara peringatan hari kanker sedunia di FX, Senayan, Jakarta, Minggu, 13 Februari 2011.

Gaya hidup sehat tak hanya terkait dengan faktor internal tubuh, tapi juga faktor eksternal. Itulah mengapa penting pula menciptakan lingkungan sehat bebas asap rokok, dan bebas polusi.

Dalam rangka mendukung pencegahan kanker di masyarakat, Kementrian Kesehatan terlibat mengawasi pangan melalui BPOM. "Jadi nanti kita akan lihat apa regulasi yang akan kita keluarkan. misalnya kadar garam jangan terlalu tinggi," ujarnya.

Penyakit kanker tidak bisa terlihat dengan kasat mata dan untuk mengetahuinya perlu didiagnosis dengan proses yang cukup panjang. Olehkarenanya, untuk sementara perlu meningkatkan pengetahun tentang ciri kanker.

Berdasarkan estimasi WHO, faktor obesitas dan kurang aktivitas fisik menyumbangkan 30 persen risiko terjadinya penyakit kanker.

Sedangkan data statistik rumah sakit dalam Sistem Informasi Rumah Sakit (SIRS) tahun 2006 menunjukkan bahwa kanker payudara menempati urutan pertama pada pasien rawat inap (19,64 %), disusul kanker leher rahim (11,07 %), kanker hati dan saluran empedu intrahepatik (8,12%), limfoma non hodgkin (6,77%) dan leukimia (5,93%).

Kelebihan Pakai Essential Oil, Hadirkan Kekuatan Alam dalam Kehidupan Sehari-hari
Ilustrasi bendera PDIP

KPU Tetapkan Dua Caleg PDIP dari Dapil Jakarta 10 Melenggang ke DPRD DKI

Dalam kontestasi Pemilu Legislatif 2024, ada tujuh orang calon anggota legislatif petahana berhasil mempertahankan kursinya di DPRD Provinsi Jakarta dari daerah pemilihan

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024