Setelah Garuda, Semen Baturaja Siap IPO

Tumpukan semen di sebuah gudang di Jakarta
Sumber :
  • richarddetrich.files

VIVAnews - Setelah PT Garuda Indonesia Tbk melepas sebagian sahamnya kepada publik melalui penawaran umum perdana (initial public offering/IPO), Badan Usaha Milik Negara (BUMN) lain di sektor semen, PT Semen Baturaja akan menyusul dengan melepas 25 persen saham. Rencana pelepasan saham tersebut akan dilakukan pada kuartal III-2011.

Menurut Deputi Menteri BUMN Bidang Restrukturisasi dan Privatisasi, Achiran Pandu Djajanto, pihaknya akan mengajukan rencana itu sebagai usulan dalam rapat internal dengan menteri BUMN.

"Minggu ini kami ajukan dalam rapat dengan menteri, bersama PT Waskita Karya dan PT Hutama Karya," ujar dia di Jakarta, Rabu, 16 Februari 2011.

Mengenai penetapan harga, menurut Pandu, pihaknya menyerahkan kepada menteri BUMN. Namun, dia berharap harga saham perdana nantinya tidak dijual murah. "Size-nya Pak Menteri yang memutuskan. Saya maunya tidak dijual murah karena BUMN perusahaannya 'cantik-cantik'," ujarnya.

Sebelumnya, Semen Baturaja berencana membangun pabrik tambahan guna meningkatkan kapasitas produksi perusahaan. Menurut Kementerian BUMN, Semen Baturaja memiliki potensi pengembangan yang cukup besar.

3 Skincare Ini Jadi Paling Diandalkan oleh Penggunanya

Hal itu juga didukung sinergi dengan PT Semen Gresik Tbk dalam hal manajemen, sedangkan untuk segi teknis dibantu PT Semen Padang. Semen Baturaja sedang membidik daerah pemasaran Bengkulu, Sumatera, Lampung, dan Jambi. (art)

PT Bumi Resources Minerals Tbk. (ilustrasi)

Bumi Resources Minerals Bukukan Pendapatan US$46,63 Juta pada 2023

PT Bumi Resources Minerals Tbk (BRMS) menyampaikan total pendapatan sepanjang tahun 2023 mencapai US$46,63 juta.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024