Kadin: 90% Grup Bisnis Besar dari Daerah

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia
Sumber :

VIVAnews - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) menanggapi positif rencana pemerintah untuk membangun enam koridor ekonomi. Enam koridor ekonomi tersebut meliputi Sumatera, Jawa, Kalimantan-Sulawesi, Maluku Utara, Bali-NTT, dan Papua-Maluku.

Upaya tersebut guna mengoptimalisasi pengembangan potensi daerah, sinergi antara ekonomi kewilayahan dan sektoral serta daya dukung infrastruktur.

Wakil Ketua Umum Kadin, Anindya N Bakrie, mengatakan, jika dilihat dari 40 grup perusahaan yang berhasil di Indonesia, 90 persen adalah usaha dari daerah. Kondisi itu menunjukkan bahwa daerah semestinya bisa lebih menikmati pengembangan ekonomi.

"Itu bagus karena pemberdayaan daerah adalah hal yang sangat penting. Dengan dibuatnya koridor-koridor ekonomi seperti ini bagus, karena membuat pusat ekonomi tidak hanya berada di Jakarta atau Jawa, tetapi juga Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, Papua, NTT, dan Bali," kata Anindya usai memberikan kuliah umum di Universitas Trisakti, Jakarta, Rabu, 16 Februari 2011.

Dia menjelaskan, koridor-koridor ekonomi tersebut nantinya diupayakan memiliki fokus bisnis yang berbeda pada tiap wilayah. Seperti di Bali mengembangkan industri di bidang pariwisata dan Sumatera menumbuhkan industri pertanian.

Wajah Sering Kena Matahari Jangan Abaikan Penggunaan Moisturizer

Dengan adanya koridor ekonomi tersebut, menurut dia, juga dapat meningkatkan perekonomian di daerah.

Anindya menambahkan, Kadin menargetkan pertumbuhan ekonomi sebesar 6,8 persen tahun ini. Menurut dia, sasaran pertumbuhan ekonomi tersebut dapat dicapai jika pemerintah bersedia meningkatkan pengeluaran pemerintah (government spending).

"Karena kalau melihat government spending kan masih 0,3 persen. Dan pengeluarannya itu masih terjadi pada bulan November dan Desember," ujar Anindya.

Selain itu, menurut dia, meski rasio utang terhadap produk domestik bruto (PDB) masih rendah, yakni 25 persen, pemerintah bukan berarti harus lebih banyak berutang.

Namun, menurut dia, jika sekitar 50 persen dana di bank ditempatkan pada Sertifikat Bank Indonesia (SBI) atau sekitar US$40 miliar, dana itu dapat digulirkan untuk kepentingan dunia usaha. (hs)

Peristiwa serangan teroris di Gedung Teater dekat Moskow, Rusia

Death Toll Rises to 140 in Moscow Terrorism Attack

The Russian Health Ministry said the death toll from last week's attack on a Moscow concert hall rose to 140 on Wednesday, after another victim died in hospital.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024