Bakar Kalori Dengan Menyusui

Ibu menyusui.
Sumber :
  • inmagine

VIVAnews - Ingin cepat kembali langsing setelah melahirkan? Berikan ASI eksklusif pada bayi Anda. Menyusui adalah aktivitas yang membakar cukup banyak kalori. Jadi cara ini bisa Anda andalkan.

Menurut situs WebMD, dengan menyusui Anda bisa membakar 500 kalori. Jumlah tepat kalori tergantung pada seberapa sering Anda menyusui dan berapa banyak tubuh  memproduksi susu. Bila menyapih, jumlah kalori yang Anda bakar melalui produksi susu pun akan berkurang.

Untuk memastikan Anda menghasilkan cukup susu untuk bayi, Anda juga harus memberi tubuh makanan yang cukup dan bergizi agar memiliki kalori ekstra untuk cadangan.

Sama seperti seorang atlet yang harus mengatur menu makanannya, saat menyusui ibu juga harus mengonsumsi makanan bergizi tinggi demi berhasilnya pemberian ASI ekslusif, terutama jika ingin menyusui buah hati hingga usianya satu tahun.

Banyak ibu yang karena ingin menurunkan berat badan secara cepat setelah melahirkan, melakukan diet ketat, padahal masih menyusui. Tetapi ada baiknya hal ini dihindari, karena bisa berdampak buruk pada produksi ASI. Hal yang terpenting adalah mengonsumsi makanan bergizi untuk memenuhi asupan gizi ibu dan bayi.

Setelah melahirkan, sebaiknya jangan langsung melakukan diet ketat. La Leche League, lembaga nirlaba asal Amerika Serikat yang menyebarkan dan mempromosikan aktivitas menyusui, merekomendasikan untuk setidaknya menunggu hingga dua bulan untuk mengembalikan bobot tubuh seperti semula. Dengan demikian, Anda dapat membiarkan tubuh terbiasa untuk memproduksi susu.

Parto Patrio Terbaring Lemah di RS Usai Operasi, Istri: Patah Hati Aku
Kiper Indonesia U-23, Ernando Ari

Arkhan Fikri Gagal Penalti, Ini yang Dipikirkan Ernando Ari

Arkhan Fikri gagal melakukan tugasnya sebagai eksekutor penalti saat Indonesia U-23 vs Korea Selatan U-23 dalam perempat final Piala Asia U-23 2024, Jumat dini hari WIB.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024