Nurhaida, Srikandi Wasit Pasar Modal

Nurhaida.
Sumber :
  • Bapepam-LK

VIVAnews - Menteri Keuangan Agus Martowardojo secara resmi telah melantik Nurhaida menjadi ketua Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) pada Rabu 16 Februari 2011. Ia menggantikan Fuad Rahmany yang diangkat menjadi dirjen pajak.

Nurhaida merupakan perempuan pertama yang menjabat ketua Bapepam-LK. Meski bukan pejabat karier Bapepam (sebelum melebur dengan Ditjen Lembaga Keuangan menjadi Bapepam-LK), ia telah lama berkecimpung di regulator pasar modal itu sejak 1998.

Kendati sering berhubungan dengan industri pasar modal, Nurhaida justru lulusan Kimia Tekstil di Institut Teknologi Tekstil, Bandung pada 1985. Sementara itu, pendidikan S2 diselesaikan di Indiana University Bloomington, Amerika Serikat, jurusan Master of Business Administration pada 1995.

Ia juga aktif mengikuti seminar dan pelatihan di luar negeri seperti International Institute on the Inspection and Oversight of Market Intermediaries yang diselenggarakan US Securities and Exchange Commission di Washington DC, pelatihan di Australian Exchange Commission, Sidney Australia, dan berbagai pelatihan lainnya.

Kariernya di Bapepam diawali pada November 1997-1998. Saat itu, dia menjadi kepala Bagian Bina Wakil Perusahaan Efek, Biro Transaksi dan Lembaga Efek, Bapepam. Pada Desember 1998-Juli 2000, Nurhaida menjabat kepala Bagian Bina Penasihat Investasi Biro Pengelolaan Investasi dan Riset Bapepam, dan kepala Bagian Usaha Aneka Industri Biro Penilaian Keuangan Perusahaan (PKP) Sektor Riil-Bapepam pada Agustus 2000-Mei 2006.

Nurhaida lalu naik jabatan ke eselon II menjadi kepala Biro PKP Sektor Riil-Bapepam pada 12 Mei 2006-September 2008. Ia kemudian menjadi kepala Biro Transaksi dan Lembaga Efek pada September 2008-21 Januari 2011.

Masa Penahanan Siskaeee Diperpanjang Polisi

Selanjutnya, dia diangkat menjadi Staf Ahli Bidang Kebijakan dan Regulasi Jasa Keuangan dan Pasar Modal Kementerian Keuangan pada 21 Januari 2011. Nurhaida lalu menjadi pelaksana tugas ketua Bapepam-LK, karena posisi pengganti Fuad Rahmany masih kosong.

Tak sampai satu bulan, Nurhaida akhirnya diangkat secara resmi menjadi ketua Bapepam-LK. Tak hanya sebagai regulator pasar modal dan lembaga keuangan, Nurhaida juga akan mewarisi tugas Fuad sebelumnya yaitu ketua Tim Perumus Rancangan Undang-Undang Otoritas Jasa Keuangan (OJK). (art)

Putri Anne

Putri Anne Blak-blakan Belum Bisa Move On dari Arya Saloka?

Putri Anne mendapat pertanyaan dari pengguna instagram tentang tips untuk bisa move on.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024