Dua Kosmonot Berhasil Pulang ke Bumi

International Space Station
Sumber :
  • techshout.com

VIVAnews - Kosmonot Rusia baru saja menyelesaikan perjalanan ke stasiun ruang angkasa internasional (International Space Station) untuk ke-28 kalinya. Mereka adalah Dmitry Kondratyev dan Oleg Skripochka, yang kembali ke Bumi dengan pesawat Pirs. Perjalanan 4 jam 51 menit itu berakhir di Bumi pada jam 1:21 pm waktu setempat.

Di stasiun ruang angkasa internasional, kedua kosmonot kabarnya melakukan sepasang percobaan di luar bagian Rusia. Namun, kedua percobaan tersebut lebih kepada pengamatan cuaca yang terjadi di permukaan Bumi.

Pertama, percobaan Molniya-Gamma yang akan mengamati radiasi dari badai dan petir di Bumi. Percobaan kedua yaitu Radiometria, yang akan mengumpulkan seismik untuk menyuguhkan prediksi gempa Bumi lebih akurat.

Ketika itu, Kondratyev dan Skripochka menghabiskan 5,5 jam dalam perjalan ke stasiun ruang angkasa. Mereka masuk stasiun tersebut pada Jumat malam, 21 Januari 2011.

Sebelumnya, kedua kosmonot memasang alat transmisi data berkecepatan tinggi di ruang servis Rusia yang dinamakan Zvezda. Mereka juga mematikan dan melepaskan alat penyuntik plasma, serta memasang kamera televisi pada ruang penelitian kecil MIM di bagian ISS milik Rusia.

Sekadar diketahui, Kondratyev dan Skripochka mengenakan pakaian antariksa baru milik Rusia bernama Orlan-MK yang dilengkapi sebuah komputer digital selama menjalankan misi.

Pemprov DKI Jakarta Dukung Kerja Sama Proyek MRT Berkonsep TOD dengan Jepang
Kepala Staf Kepresidenan (KSP), Moeldoko

Moeldoko: Otonomi Daerah Harus Lanjutkan Pembangunan Visi Jokowi

Kepala Staf Kepresidenan, Jenderal TNI (Purn) Moeldoko menghadiri peringatan Hari Otonomi Daerah (Otoda) ke - 28, di Balai Kota Surabaya pada Kamis, 25 April 2024. Menur

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024