Kenali Tampilan Payudara Untuk Cegah Kanker

Payudara Wanita
Sumber :
  • inmagine.com

VIVAnews - "Mencegah lebih baik daripada mengobati." Ungkapan bijak ini berlaku bagi kesehatan payudara Anda. Coba kenali dan pahami aset tubuh berharga ini sedini mungkin sehingga, bila ada tanda-tanda kanker, Anda bisa cepat mengobatinya.

Untuk memastikan kesehatan payudara, Anda butuh beberapa langkah yang sederhana. Ini bisa dilakukan di mana saja, misalnya di kamar mandi, berbaring di tempat tidur atau berdiri di depan cermin. Demikian resep dari laman Methods of Healing.

Mula-mula, periksa payudara bagian kanan dengan tangan kiri dengan meratakan jari-jari secara mendatar untuk merasakan apakah ada benjolan di sana. Lanjutkan urutan-urutan gerakan itu sampai seluruh payudara Anda selesai diperiksa.

Lalu, Anda memeras secara perlahan puting susu untuk memastikan apakah mengeluarkan perdarahan atau cairan yang keluar di sana.

Kemudian, periksa pula lipatan lengan, batas luar payudara, dan ke seluruh payudara. Apakah ada benjolan atau rasa sakit di sana.

Bila Anda menemukan kelainan, seperti benjolan atau rasa sakit, segera berkonsultasilah dengan dokter, dikutip dari laman Litbang Departemen Kesehatan RI. Anda disarankan untuk secara rutin memeriksa payudara sendiri tiap bulan. Hal ini juga dapat membuat Anda lebih akrab dengan tampilan dan nuansa payudara Anda sendiri.

Pemeriksaan klinis

Kepada wanita di kelompok usia 20 tahun sampai 30 tahun untuk memeriksakan payudara secara rutin ke dokter setiap tiga tahun sekali. Sementara wanita yang berusia 40 ke atas dianjurkan memeriksakan diri tiap tahun.

Mammogram

Lembaga American Cancer Society merekomendasikan kepada semua wanita di atas usia 40 untuk memiliki screening mammogram setiap tahun. Mammograms menawarkan manfaat besar untuk deteksi dini kanker payudara.

Ternyata Buah Delima Punya Manfaat untuk Sembuhkan Kanker, Benarkah?
Vaksinasi PMK bagi hewan ternak di Kota Tangerang

2.000 Hewan Ternak Dilakukan Vaksinasi Antisipasi Wabah PMK Secara Gratis

Wabah PMK atau Penyakit Mulut dan Kuku masih menjadi momok menakutkan bagi para peternak. Adanya hal ini, Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang terus memasifkan pem

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024