Bagaimana Wanita Dukung Kesehatan Pria

Pria manja
Sumber :
  • inmagine.com

VIVAnews – Bila dibandingkan dengan wanita, pria ternyata lebih rentan terhadap serangan penyakit. Bahkan, harapan hidup kelompok ini juga lebih pendek empat sampai enam tahun dibanding kaum hawa. Itulah sebabnya, mengapa pria harus memperhatikan betul kesehatannya.

Manfaat menyadari kerentanan ini sangat penting karena dapat mendorong pria untuk lebih memberikan perhatian pada kesehatannya. Dengan demikian, pria dapat melakukan upaya pencegahan sedini mungkin terhadap dampak terburuk bila menderita penyakit.

“Beberapa penyakit yang menjadi penyebab kematian pada pria yakni, jantung, paru, stroke, hipertensi, diabetes, dan kanker,” kata Dr Edy Rizal Wahyudi, SpPD, dari Staf Dept Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSCM di Jakarta.

Penyebab kematian pada pria lainnya ialah kecelakaan, stroke, pneumonia, bunuh diri, ginjal, serta Alzheimer.

Kemudian, memperhatikan faktor-faktor risiko penyebab kematian juga penting, mulai dari riwayat kesehatan keluarga dengan gaya hidup buruk, riwayat penyakit jantung, diabetes, tekanan darah tinggi, obesitas serta kebiasaan merokok dan stres.

Idealnya, seseorang yang menyadari bahwa dirinya rentan terhadap penyakit, akan membentengi diri untuk tidak melakukan pola hidup buruk. Misalnya, merokok dan minum minuman beralkohol.

“Melihat hal-hal tersebut maka keterlibatan orang lain sangat diperlukan untuk memacu mereka agar lebih memperhatikan kesehatannya,” kata Edy. “Dalam hal ini wanita dapat sangat berperan.”

Apa yang dapat dilakukan wanita untuk memacu pasangan prianya agar lebih peduli pada kesehatan? Antara lain memahami pendekatan pria terhadap masalah kesehatan, berbagi pengalaman, memberi artikel kesehatan, ataupun memberikan nomer hotline layanan kesehatan.

“Wanita juga bisa memperhatikan beberapa tanda dan gejala yang timbul pada seorang pria, termasuk juga membantu mengenali tanda dan gejala berbahaya itu, kemudian memotivasinya untuk mengunjungi pelayanan kesehatan,” kata Edy. (hs)

Denny Cagur Lolos Jadi Anggota DPR, Gimana Kariernya di Dunia Entertainment?
Mazda EZ-6

Mazda Hadirkan 2 Mobil Keren di Auto China 2024

Changan Mazda Automobile Corporation Ltd yang merupakan perusahaan patungan antara Mazda Motor Corporation dan Chongqing Changan Automobile, meramaikan pameran Auto China

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024