Pemilu Presiden 2009

Pemilu Presiden Akhir Juli 2009

VIVAnews - Komisi Pemilihan Umum memastikan pemilihan presiden tak mungkin dilaksanakan pada 5 Juli 2009, tanggal yang sama dengan pemilihan presiden 2004. Ketua Komisi, Hafiz Anshary mengatakan komisi mengusulkan waktu pelaksananaan pemilihan pada akhir Juli 2009.

"Kami usulkan 27-28 Juli. Itupun kalau Mahkamah Konstitusi mau mengurangi masa sidangnya," kata Hafiz  usai Rapat Koordinasi Penegakan Hukum dalam Pelanggaran Pemilu di Gedung Mahkamah Konstitusi, Kamis 8 Januari 2009.

Berbeda dengan pemilihan presiden, untuk pemilu legislatif, Hafiz memastikan akan dilakukan pada 9 April 2009.  Pengumumannya akan dilakukan sebulan kemudian yakni 9 Mei 2009. "Kami akan berusaha mempercepat jika data-data dari daerah terkumpul sebelum 9 Mei," kata Hafiz.

Menurut agenda, pelantikan DPR dan DPD RI direncanakan pada 1 Oktober 2009. Sedangkan pelantikan presiden dan wakil presiden akan dilakukan 20 Oktober 2009.

Lembaga-lembaga yang terkait dengan pemilu yakni Mahkamah Agung, Mahkamah Konstitusi, Kepolisian RI, Kejaksaan Agung, Komisi Pemilihan Umum, dan Badan Pengawas Pemilu sepakat agar agenda-agenda pemilu terlaksana tepat waktu. Perkara terkait pemilu juga akan dikebut penyelesaiannya.

Terpopuler: Ria Ricis Diduga Sindir Teuku Ryan sampai Betharia Sonata Sakit
Lambe Turah

Bukan Nanda Persada, Ternyata Ini Dia Sosok Dibalik Akun Lambe Turah

Akun Lambe Turah lahir pada tahun 2015 dan langsung mencuat untuk memberikan informasi terkait selebritis. Banyak kisah-kisah "undercover“, yang dibahas di akun tersebut.

img_title
VIVA.co.id
5 Mei 2024