Paripurna Angket Pajak

Jadi Penentu, Ini Penjelasan Fraksi Gerindra

sorot kampanye gerindra 2009 - Prabowo Subianto juru kampanye Gerindra di Sidoarjo
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Yusuf Alawi

VIVAnews - Siang ini Selasa 22 Februari 2011, Hak Angket Mafia Pajak sedang dibahas dirapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat. Apakah usulan itu diterima atau ditolak akan ditentukan dalam rapat ini. Sejumlah kalangan menilai bahwa lolos tidaknya hak angket itu sangat bergantung pada suara Fraksi Gerindra.

Hubungannya Diduga Retak karena Orang Ketiga, Begini Kata Syifa Hadju Soal Perselingkuhan

"Dari komposisi suara, memang tergantung Fraksi Gerindra. Saya dengar, mereka saat ini sedang menimbang-nimbang," kata Sekretaris Fraksi Golkar Ade Komaruddin sebelum rapat digelar. Baca selengkapnya di sini.

Ke mana suara Fraksi Gerinda?

Yandri Klaim Seluruh DPW dan DPD PAN Ingin Zulhas Kembali Ketua Umum

"Kalau penjelasan mengenai angket ini tidak memuaskan, kami menolak," kata salah satu legislator asal Gerindra, Martin Hutabarat sebelum rapat dimulai. Niat baik dalam mengusut mafia perpajakan, katanya, jangan sampai dinodai oleh kepentingan-kepentingan emosional yang berujung jadi bahan tertawaan masyarakat.

Saat ini  sudah ada dua panja perpajakan yang sudah berlangsung yakni di Komisi III dan Komisi XI DPR.  Dan  rapat paripurna ini sedang dibahas kemungkinan untuk Pansus. Jika ketiga mekanisme ini berjalan bersamaan, "Apa tidak jadi tertawaan masyarakat," kata Martin.

Apalagi, lanjutnya, ketiga mekanisme ini kemungkinan akan beranggotakan orang-orang yang sama dan bisa saja memanggil satu narasumber yang sama. "Makanya kami ingin ini dibenahi dulu," kata Martin yang juga anggota Komisi III ini.

Pembenahan mekanisme itu juga bisa dilakukan dengan mengakhiri dua panja untuk kemudian membentuk pansus. "Bahan-bahan dari panja ini kemudian bisa jadi masukan bagi pansus," kata dia.

Apakah sikap Gerindra terkait angket ini karena ada tawaran kursi kabinet? "Itu pandangan yang terlalu naif. Kami terlalu naif kalau tujuan hanya untuk hal-hal seperti. ini mengenai idealisme."

Dia lantas membandingkan hasil akhir Pansus Century yang kini hanya berujung jadi retotika semata. "Jangan sampai ke depan ini hanya sekadar transaksional saja."

Ridwan Kamil dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Survei di Atas 50 Persen, Elite Golkar Dorong Ridwan Kamil Maju Pilgub Jabar Ketimbang Jakarta

Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia mengatakan Golkar cenderung mendorong Ridwan Kamil (RK) maju di Pilkada Jawa Barat ketimbang DKI Jakarta.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024