Opsi SCTV-Indosiar, Akuisisi atau Merger?

Elektronik
Sumber :
  • VivaNews/ Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Manajemen PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK) menyiapkan dua opsi terkait aksi korporasi yang melibatkan PT Surya Citra Media Tbk (SCMA) dengan PT Indosiar Karya Media Tbk (IDKM). Elang Mahkota sedang melakukan penjajakan awal untuk berekspansi atau mengembangkan usaha.

"Pengembangan usaha itu dapat berbentuk akuisisi atau merger yang melibatkan Surya Citra dan Indosiar," kata Direktur Utama Elang Mahkota Teknologi, Susanto Suwarto, dalam penjelasan tertulis perseroan yang dipublikasikan PT Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta, Selasa, 22 Februari 2011.

Menurut Susanto, struktur detail rencana aksi korporasi itu akan didiskusikan dengan direksi ketiga perusahaan tersebut dengan dibantu para profesi penunjang pasar modal terkait.

"Untuk itu, direksi perseroan telah memperoleh persetujuan pendahuluan dari dewan komisaris guna melakukan tindakan yang diperlukan dan dipersyaratkan undang-undang terkait rencana tersebut," ujar dia.

Pernyataan serupa juga disampaikan Direktur Utama Surya Citra Media, Fofo Sariaatmadja. "Akuisisi atau merger itu akan melibatkan Elang Mahkota Teknologi dan Indosiar Karya Media," tuturnya.

Sosok Jenderal Kopassus di Balik Operasi 20 Menit Rebut Homeyo dari Tangan OPM

Elang Mahkota Teknologi merupakan induk Surya Citra Media, yang mengelola stasiun televisi SCTV. Sementara itu, Indosiar Karya Media adalah pengelola stasiun televisi Indosiar.

Berdasarkan data laporan keuangan tiga emiten itu per September 2010, total aset ketiga perusahaan bila digabungkan akan mencapai Rp7,64 triliun. Dari total nilai aset itu, aset Indosiar adalah yang terkecil, yakni Rp1,008 triliun, disusul Surya Citra Rp2,44 triliun, dan Elang Mahkota Rp4,2 triliun.

Namun, total kewajiban akan membengkak menjadi Rp3,12 triliun. Kewajiban terbesar dibukukan Elang Mahkota senilai Rp1,41 triliun, selanjutnya Surya Citra Rp1,03 triliun, dan Indosiar Rp680,84 miliar.

Untuk pendapatan bersih, Indosiar juga paling kecil, yakni hanya mencapai Rp606,73 miliar. Sementara itu, Elang Mahkota mencatat pendapatan terbesar yaitu Rp2,48 triliun dan Surya Citra Rp1,42 triliun.

Selanjutnya, Indosiar membukukan laba bersih terkecil, atau sebesar Rp26,71 miliar. Surya Citra mencatatkan laba terbesar, yaitu Rp333,54 miliar dan Elang Mahkota Rp276,41 miliar.

Untuk total nilai kapitalisasi pasar, Surya Citra merupakan yang terbesar dengan pencapaian Rp7,3 triliun, Elang Mahkota Rp6,87 triliun, dan Indosiar Rp2,04 triliun. (adi)

Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie

Pemkot Tangsel Raih Opini WTP 12 Kali Berturut, Benyamin: Kami Selalu Bertekad Pertahankannya

Pencapaian Opini WTP Pemkot Tangsel ini yang ketiga di bawah kepemimpinan Wali Kota Benyamin Davnie dan Wakil Wali Kota Pilar Saga Ichsan.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024