Curhat Riedl Soal Lapangan di Indonesia

Alfred Riedl
Sumber :
  • ANTARA/Andika Wahyu

VIVAnews - Pelatih Alfred Riedl bingung dengan negara Indonesia yang punya banyak penduduk tanpa diimbangi jumlah lapangan bola.

Riedl memberikan curahan hati (curhat) soal ini setelah tim nasional Indonesia Pra-Olimpiade tiba di Palembang, Senin 21 Februari 2011 siang. Timnas sedang melakukan persiapan jelang laga melawan Turkmenistan di Gelora
Sriwijaya, Jakabaring, Palembang, Rabu malam, 23 Februari 2011.

Riedl mengaku kaget dengan pemandangan yang dilihatnya dari atas udara saat berada di dalam pesawat. Pelatih asal Austria itu mengaku tidak melihat satu pun lapangan sepakbola.

"Kemarin saya mendarat di sini (Palembang), saya tidak melihat adanya lapangan sepakbola. Saya juga melihat ke bawah selama 10 menit saat penerbangan, tidak ada satu pun lapangan sepakbola. Yang ada hanya perkotaan dan pedesaan," ujar Riedl dalam perbincangan dengan VIVAnews di Jakabaring, Selasa 22 Februari 2011.

Riedl menganggap hal ini menjadi faktor penting mengapa sepakbola Indonesia jalan di tempat. Pelatih 61 tahun itu coba membandingkan kondisi perkembangan sepakbola di negaranya, Austria.

"Anda hidup dengan sekitar 260 juta penduduk. Di negara saya, kota dengan 10 ribu orang penduduk pasti punya satu lapangan sepakbola," kilah mantan pelatih timnas Vietnam dan Laos tersebut.

"Di Austria kami punya 2.100 klub, di Indonesia 470 klub. Kalau Anda bandingkan hanya 8,5 juta penduduk Austria dengan sekitar 260 juta penduduk Indonesia, jadi Anda kekurangan sekitar 1.500 klub. Jumlah yang luar biasa," tambah Riedl.

Riedl bahkan menilai Turkmenistan, calon lawan Indonesia di laga besok, lebih serius dalam urusan mengembangkan sepakbola daripada Indonesia.

"Negara mereka (Turkmenistan) mengelola sepakbola dengan serius. Ini bisa membuat perbedaan antara mereka dengan Indonesia," ujar Riedl.

Lolos Jadi Anggota DPR, Denny Cagur Ungkap Kenangan Haru dengan Almarhumah Ibu
Viral Video Makeup Pengantin Jadi Sorotan Netizen

Viral Video Transformasi Makeup Pengantin Jadi Sorotan Netizen

Makeup pengantin adalah tata rias khusus yang dirancang untuk mempercantik dan menyempurnakan penampilan seorang pengantin pada hari pernikahannya.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024