Empat Pemicu Masalah Kaki

Kaki Wanita
Sumber :
  • inmagine.com

VIVAnews - Kesehatan kaki seringkali terabaikan. Padahal bagian tubuh yang satu ini bekerja keras menopang tubuh Anda setiap hari. Rasa pegal dan nyeri pada kaki pun bisa muncul. Efeknya, bisa menjalar ke bagian tubuh lain seperti sakit pinggang atau rasa pusing.

Sebagai langkah pencegahan, Anda harus mengenali apa saja pemicu masalah kesehatan kaki. Untuk itu, hindari empat pemicu berikut yang dilansir dari stylelist.com, agar kaki Anda selalu dalam keadaan sehat.

1. Sepatu yang salah
Sepatu yang tidak sesuai ukuran atau terbuat dari bahan yang kasar akan menimbulkan ketidaknyamanan. Jika digunakan dalam waktu lama, berisiko menimbulkan rasa nyeri bukan hanya pada telapak kaki tetapi juga daerah betis. Termasuk masalah kesehatan serius seperti stres pada tulang kaki atau plantar fasciitis (peradangan jaringan di bagian bawah kaki). Jadi, cobalah lebih selektif dalam memilih sepatu. Pertimbangan utama adalah kenyamanan kaki. 

2. Pedikur yang tidak steril
Perawatan kuku kaki di salon memang membuat kaki lebih bersih. Tetapi pastikan peralatan perawatan kaki di salon selalu dalam keadaan steril. Itu karena alat-alat pedikur yang tidak disterilkan bisa menularkan kuman dari orang lain dan memicu infeksi pada kuku kaki. Jika ragu dengan peralatan di salon, sebaiknya lakukan pedikur sendiri di rumah. Atau setelah melakukan pedikur di salon, sesampainya di rumah, bersihkan kaki dengan cairan anti bakteri.

3. Lembab
Jamur, aroma yang tidak sedap atau kutu air seringkali muncul pada kaki. Hal ini biasanya disebabkan karena kaki selalu dalam keadaan tertutup dan terjebak udara yang lembab. Kondisi tersebut memang membuat jamur dan bakteri dengan mudah berkembang biak. Untuk itu pastikan kaki selalu dalam keadaan kering sebelum Anda menggunakan sepatu. Sebagai langkah pencegahan, Anda bisa menggunakan bedak tabur pada kaki dan sepatu untuk menyerap kelembaban.

4. Olahraga
Olahraga memang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Tetapi gerakan berulang secara terus-menerus saat olahraga, bisa membuat cedera kaki. Untuk itu sangat penting menyesuaikan jenis sepatu dan jenis olahraga yang Anda lakukan. (umi)

Trade Minister Reveals Cause of Onions Price Hike
Jasa membersihkan lampu mobil.

6 Cara Ampuh dan Mudah Bersihkan Mika Lampu Mobil yang Kusam

Lampu mobil menjadi salah satu komponen penting, karena menyangkut dengan keselamatan pengendara dan juga pengguna jalan lainnya. Maka itu, mika lampu jangan sampai kusam

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024