Eks Direktur Pra Penuntutan Diperiksa Besok

Jaksa Cirus dan Poltak Diperiksa Mabes Polri : Poltak Manulang
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Penyidik Mabes Polri akan memeriksa mantan Direktur Pra Penuntutan Kejaksaan Agung, Poltak Manulang. Poltak akan diperiksa sebagai saksi dengan tersangka mantan Jaksa Peneliti kasus Gayus Tambunan, Cirus Sinaga.

"Besok itu, dalam rangka kasus Cirus pemeriksaan saksi dari jaksa, yaitu Poltak Manulang, mantan Dir Pratut," kata Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri, Kombes Pol Boy Rafli Amar di Mabes Polri, Jakarta, Rabu 23 Februari 2011.

Menurut Boy, sebagai Direktur Pra Penuntutan, Poltak mengetahui pasal-pasal yang dijeratkan untuk Gayus Tambunan dalam perkara penggelapan, pencucian uang, dan korupsi yang disidangkan di Pengadilan Negeri Tangerang.

Polri telah menetapkan Cirus Sinaga sebagai tersangka karena dianggap menghalang-halangi penyidikan kasus penggelapan, pencucian uang, dan korupsi yang dilakukan Gayus Tambunan.

"Itu [Poltak] akan diperiksa jadi saksi berkaitan dengan menghalang-halangi penyidikan tindak pidana korupsi," tambah Boy.

Cirus diduga memberikan masukan kepada penyidik untuk mengubah perkara penggelapan, pencucian uang, dan korupsi Gayus Tambunan menjadi perkara tindak pidana umum. Jaksa Cirus bersama Fadhil Regan yang menjadi jaksa peneliti kasus itu menyarankan untuk mengubah pasal yang dijeratkan pada Gayus.

Setelah memeriksa Poltak, kata Boy, penyidik akan memeriksa  tersangka Cirus Sinaga. "Bika tidak ada halangan, setelah pemeriksaan yang bersangkutan [Poltak]. Ini kan baru rencana kalau besok jadi [diperiksa]," kata dia. "Secepatnya Cirus minggu depan akan diperiksa."

Prabowo Terkesan Anies-Cak Imin Hadiri Penetapan Presiden dan Wapres Terpilih di KPU
Progres pembangunan smelter PT Freeport Indonesia (PTFI) saat sudah melampaui 80 persen.

Beroperasi Juni 2024, Smelter Freeport di Gresik Bakal Diresmikan Jokowi?

Pembangunan smelter PT Freeport Indonesia (PTFI) di kawasan JIIPE, Gresik ditargetkan rampung dan mulai beroperasi pada Juni 2024, sesuai rencana sebelumnya.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024