Aset Rp10 T, Bank Wajib Umumkan Bunga Kredit

foto ilustrasi suku bunga
Sumber :

VIVAnews- Bank Indonesia mewajibkan perbankan untuk mengumumkan suku bunga kreditnya mulai 31 Maret 2011 ke media. Kewajiban ini berlaku untuk bank dengan total aset Rp10 triliun atau lebih.

Dalam Surat Edaran BI Nomor 13/5/DPNP tanggal 8 Februari perihal Transparansi Suku Bunga Dasar Kredit, dicantumkan informasi itu dipublikasikan melalui papan pengumuman setiap kantor bank, halaman utama website bank, surat kabar yang bersamaan pengumuman laporan keuangan publikasi triwulanan.

Yang wajib diumumkan adalah suku bunga dasar kredit (SBDK), yang merupakan hasil perhitungan dari 3 komponen yaitu harga pokok dana untuk kredit, biaya overhead yang dikeluarkan bank dalam proses kredit dan marjin keuntungan yang ditetapkan untuk aktivitas perkreditan. SBDK merupakan suku bunga terendah yang digunakan dalam kredit yang dikenakan kepada nasabah bank.

"Dalam perhitungan SBDK, bank belum memperhitungkan komponen premi risiko individu nasabah bank," tulis pengumuman itu.

Suku bunga yang wajib diumumkan untuk tiga jenis, yaitu kredit korporasi, kredit ritel dan kredit konsumsi (KPR dan non KPR). Dalam kredit konsumsi, non KPR tidak termasuk penyediaan dana melalui kartu kredit dan kredit tanpa agunan.

Menurut data statistik Perbankan per Desember 2010, bank dengan total aset Rp10triliun-Rp50 triliun berjumlah 34 bank, sedangkan untuk aset di atas Rp50 triliun yaitu 12 bank. Jika digabung bank dengan aset di atas Rp10 triliun berjumlah 46 bank.

Thomas Cup dan Uber Cup Kobarkan Semangat Atlet Jelang Olimpiade 2024

Kepala Biro Humas BI Difi A Johansyah mengatakan bank dengan aset di atas Rp10 triliun merupakan penggerak pasar, sehingga jika bank itu efisien maka akan diikuti bank lainnya. "Jadi suku bunga bisa ikut turun untuk seluruh bank," katanya kepada VIVAnews.

Menurut catatan VIVAnews, aset perbankan di Indonesia masih dikuasai 10 bank besar, yaitu mencapai 64,75 persen atau senilai Rp1.948,23 triliun. Per Desember 2010, total aset bank umum sebesar Rp2.008,85 triliun atau naik dibanding 2009 senilai Rp2.534,10 triliun.

Kesepuluh bank itu adalah PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk, PT Bank Central Asia Tbk, PT Bank Negara Indonesia Tbk, PT Bank CIMB Niaga Tbk, PT Bank Danamon Indonesia Tbk, PT Bank Indonesia Bank Tbk, PT Bank Internasional Indonesia Tbk, PT Bank Tabungan Negara Tbk. Untuk melihat berapa aset bank tersebut, klik disini. (hs)

Ramalan zodiak

Ramalan Zodiak Kamis 25 April 2024, Libra Lajang Bertemu Seseorang Istimewa

Ramalan zodiak Kamis, 25 April 2024. Aries ingin menjauh dari realitas sejenak. Bagi Libra yang lajang, mungkin ada kesempatan untuk bertemu seseorang yang istimewa.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024