Kelas Menengah Gemar Produk Perawatan Tubuh

Produk kecantikan lumpur vulkanik
Sumber :
  • VIVAnews/Febry Abddinnah

VIVAnews - Kelas menengah lebih banyak membelanjakan uangnya untuk produk perawatan pribadi. Dari pertumbuhan belanja rumah tangga secara keseluruhan, kategori ini paling tinggi dibanding yang lainnya.

MK Sudah Putuskan, Dave Laksono Minta Tak Ada Lagi Tuduhan Politisasi Bansos

Dari pertumbuhan total belanja rumah tangga sepanjang 2010 sebesar 19,3 persen, 20 persen berasal dari belanja perawatan pribadi diikuti minuman 18 persen dan makanan 16 persen.

Survei Perilaku Belanja Rumah Tangga Nielsen Indonesia 2010 menunjukkan belanja perawatan pribadi terdongkrak iklan bersifat masif di berbagai media serta tren fashion. Iklan dan promosi tersebut yang mempengaruhi cara pandang mengenai penampilan baik pada masyarakat perkotaan maupun perdesaan.

Menurut Direktur Consumer Panel Service Nielsen Indonesia, Lim Soon Lee, dalam budaya urban, penampilan menunjukkan kekuatan pribadi dan dianggap berkontribusi pada keberhasilan.

"Karena itu, kelas menengah ke atas bersedia membelanjakan uang lebih banyak untuk produk perawatan pribadi," kata dia di Jakarta, Selasa, 1 Maret 2011.

Selama 2010, belanja iklan tiga produk perawatan pribadi yakni produk anti-penuaan, pembersih wajah, dan lotion kecantikan tumbuh masing-masing 8, 9, dan 73 persen. "Hasil dari pencitraan perawatan tubuh lebih mengarah pada perempuan berusia 35 tahun ke atas. Namun, penyebarannya makin merata di semua kelas ekonomi bila dibandingkan survei 2007," kata Soon.

Pertumbuhan itu dipengaruhi oleh gencarnya promosi dan iklan di media serta tren fashion yang mempengaruhi kenaikan belanja produk perawatan pribadi konsumen di Tanah Air. Sementara itu, pada segmen makanan, terdapat perbedaan belanja konsumsi rumah tangga di perkotaan dan perdesaan.

Perburuan Alien Belum Usai, Kawan

Rumah tangga perkotaan lebih banyak mengonsumsi susu bubuk, sebanyak 16 persen. Sementara itu, untuk belanja masyarakat perdesaan, sekitar 30 persen pengeluaran masih dialokasikan guna kebutuhan dasar seperti minyak goreng dan mi instan. (art)

VIVA Militer: Kapuspen TNI Mayjen TNI Nugraha Gumilar

Tentara Amerika Ditemukan Meninggal Dunia Saat Survey Medan Latihan di Karawang

Tentara Amerika Serikat yang meninggal dunia adalah Mayor WW

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024