LPS: Simpanan yang Dijamin Bisa Rp500 Juta

Tumpukan uang rupiah
Sumber :
  • Antara

VIVAnews - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mengusulkan agar jumlah simpanan yang dijamin turun maksimal menjadi Rp500 juta atau sekitar Rp572,56 juta dari saat ini yang berlaku Rp2 miliar. Nilai penjaminan itu sebesar 21 kali produk domestik bruto (PDB) per kapita.

Kepala LPS Firdaus Djaelani menjelaskan, penurunan nilai penjaminan dilakukan secara bertahap. Ia mencontohkan, dari nilai penjaminan Rp2 miliar turun menjadi Rp1 miliar, kemudian menjadi Rp572,56 juta.

Bukan Dibakar, Begini Cara Buktikan Keaslian Madu Murni

"Angka itu dianggap dapat meng-cover sebagian besar nasabah perbankan dan tidak terlalu kecil," ujar dia dalam seminar bertajuk 'Nilai Simpanan yang Dijamin LPS: Sudah Saatnya Ditinjau?" di Jakarta, Rabu, 2 Maret 2011.

Penurunan nilai penjaminan secara bertahap itu mengikuti kondisi pada 1998. Jaminan simpanan diturunkan dari penjaminan penuh atau blanket guarantee menjadi Rp5 miliar pada 2006, Rp1 miliar pada 2007, dan 2008 menjadi Rp100 juta.

Saat ini, dengan penjaminan LPS sebesar Rp2 miliar meliputi 99,89 persen pemilik rekening dan 51 persen dari total simpanan. Nilai penjaminan sekarang sekitar 74 kali PDB per kapita.

Firdaus menambahkan, keputusan mengenai dana simpanan yang dijamin dan tahapannya, diharapkan dapat diumumkan Juni mendatang. Tahap pertama penurunan penjaminan diharapkan dapat dilakukan pada Januari 2012.

Sebelumnya, pemerintah mengkaji untuk menurunkan nilai simpanan yang saat ini dijamin LPS sebesar Rp2 miliar. Sebab, kebijakan nilai penjaminan itu diterbitkan pada saat krisis ekonomi 2008.

Menurut Menteri Keuangan Agus Martowardojo, nilai penjaminan LPS yang besar dapat memunculkan moral hazard. Nilai penjaminan tersebut dapat diubah jika memenuhi beberapa syarat seperti adanya penarikan dana besar-besaran, inflasi yang tinggi, jumlah penabung kurang dari 90 persen, dan terdapat ancaman pada stabilitas sistem keuangan. (art)

Dude Harlino dan Alyssa Soebandono Menyambut Anggota Keluarga Baru

Terpopuler: Artis Keturunan Darah Biru sampai Proses Kelahiran Anak Perempuan Alyssa Soebandono

Round-up dari kanal Showbiz pada Kamis, 25 April 2024. Salah satunya tentang cerita dari prosesi kelahiran anak perempuan pertama Alyssa Soebandono.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024