Survei Edelman Trust Barometer:

Industri Teknologi Paling Dipercaya Publik

Ilustrasi grafik penerapan teknologi bagi perusahaan.
Sumber :
  • Ilustrasi

VIVAnews - Survei Edelman Trust Barometer pada 2011 menunjukkan 80 persen responden masih memiliki keyakinan tinggi dalam berbisnis di Indonesia. Industri yang bergerak di sektor teknologi menjadi perusahaan dengan tingkat kepercayaan tertinggi dari publik.

"Kalau perusahaan memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi, pemberitaan positif ataupun negatif tidak terlalu berpengaruh," ujar Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia (BEI), Ito Warsito, dalam peluncuran hasil riset Trust Barometer 2011 di Ritz Carlton, Pacific Place, Jakarta, Rabu, 2 Maret 2011.

Dalam hasil survei tentang tingkat kepercayaan publik kepada dunia usaha di Indonesia yang dikeluarkan lembaga Indopacific Edelman, diketahui sektor teknologi memegang tingkat kepercayaan tertinggi dengan meraih responden hingga 97 persen. Industri teknologi dianggap sudah beroperasi dengan baik.

Disusul industri otomotif yang memiliki tingkat kepercayaan 92 persen, atau naik dari 84 persen tahun lalu. Angka ini unggul dari perolehan rata-rata regional sebesar 75 persen.

Di antara industri yang ada, sektor ritel atau barang-barang konsumsi mengalami peningkatan kepercayaan paling tinggi. "Kami melihat hal ini karena banyaknya perusahaan hypermarket yang masuk ke pasar, sehingga mendorong peningkatan konsumsi masyarakat," kata Chairman Indopacific Edelman, Chadd Mclisky.

Rizky Nazar Angkat Bicara Soal Dugaan Selingkuh, Beberkan Hal Ini

Hasil survei juga menunjukkan, 92 persen responden memutuskan pemilihan produk dan jasa hanya dilakukan pada perusahaan yang memang sudah terpercaya. Sementara itu, 82 persen responden menyatakan akan menolak produk dan jasa dari perusahaan tidak dipercaya.

Ito menambahkan, tingginya tingkat kepercayaan kepada perusahaan dapat menjadi momentum bagi emiten untuk membuat kinerja keuangan yang lebih baik. Selain itu, kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan dapat memberi keuntungan dalam hal reputasi perseroan di mata publik.

"Emiten harus bisa menerjemahkan kepercayaan investor dengan membuat kinerja keuangan yang lebih baik," katanya.

Followers TikToker Gali Loss Melejit Buntut Konten Hewan Ngaji, Polisi: Dia Tak Berpikir Panjang

Lebih jauh, tingkat kepercayaan publik terhadap dunia bisnis di Indonesia juga masih lebih lebih tinggi dibandingkan negara-negara di Asia Pasifik.

Survei tersebut menggunakan sampel sebanyak 5.075 responden yang dibagi berdasarkan dua kelompok umur yaitu 25-34 tahun dan 35-64 tahun. Survei dilakukan di 23 negara. (art)

Terpopuler: Tentang Nafkah Anak Laki-laki yang Sudah Baliqh sampai Masalah Obat Kuat
Parto Patrio

Terpopuler: Sakit yang Diidap Parto sampai Syifa Hadju Pernah Diperingatkan oleh Raffi Ahmad

Round-up dari kanal Showbiz pada Kamis, 26 April 2024. Salah satunya tentang sakit yang diidap Parto hingga harus dilarikan ke rumah sakit.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024