AirAsia Siap Lepas Saham 20 Persen

Airbus A350-900 milik maskapai penerbangan Air Asia
Sumber :
  • AP Photo/Airbus/HO

VIVAnews - PT Indonesia AirAsia berencana melakukan penawaran umum perdana atau initial public offering (IPO) sebesar 20 persen. Target perolehan dana melalui IPO sebesar US$150-200 juta atau sekitar Rp1,3-1,8 triliun.

"Kami akan mengikuti peraturan yang berlaku. Nantinya, saham yang dilepas mixed dari saham Indonesia dan AirAsia Berhad (Malaysia), sehingga saham founder akan terdilusi bersama-sama," ujar Direktur Utama Indonesia AirAsia, Dharmadi, di Jakarta, Kamis, 3 Maret 2011.

Perseroan telah menunjuk CIMB Securities dan Credit Suisse Securities sebagai penjamin pelaksana emisi (underwriter).

Heru Budi Kunker ke Jepang, Harap Proyek MRT East-West Groundbreaking Agustus

Menurut Dharmadi, valuasi saham perusahaan akan ditentukan oleh joint lead underwriter. Rencana pelepasan saham kepada publik itu akan dilakukan pada kuartal IV-2011.

Dharmadi menambahkan, perusahaan akan menggunakan dana IPO itu untuk membeli pesawat baru dan pendanaan belanja modal.

Dia menjelaskan, hingga 2015, perusahaan membutuhkan sebanyak 16 unit pesawat baru, sehingga Air Asia total akan mengoperasikan 30 unit pesawat.

Indonesia AirAsia adalah maskapai penerbangan murah yang melayani rute di dalam dan luar negeri. Indonesia AirAsia merupakan anak perusahaan AirAsia yang berpusat di Kualalumpur, Malaysia. (art)

Ribuan Rumah dan Ratusan Hektare Sawah di Tasikmalaya Terendam Banjir
Ivan Gunawan

Resmikan Masjidnya di Uganda, Ivan Gunawan Potong Sapi hingga Bagi-bagi Hijab, THR dan Alquran

Bahkan, membahagiakannya lagi Ivan Gunawan langsung datang melihat masjid yang ia dirikan di Uganda, Afrika Timur didampingi Ritassya Wellgreat, Miss Grand Indonesia 2023

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024