Cicilan Rumah Murah Bisa di Bawah Rp200 Ribu

Hatta Rajasa
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews - Masyarakat berpenghasilan rendah akan dimudahkan dalam mendapatkan rumah murah dengan harga Rp20-26 juta. Sebab, cicilan per bulan untuk mendapatkan rumah pro rakyat itu cukup murah, yakni bisa lebih rendah dari Rp200 ribu per bulan.

Menteri Perekonomian, Hatta Rajasa, menuturkan, Kementerian Perumahan Rakyat menginginkan adanya cetak biru atau blue print terhadap pengadaan rumah sangat murah dan rumah murah. Melalui cetak biru itu ada peluang untuk membangun rumah murah yang dapat dicicil masyarakat berpenghasilan rendah.

"Bahkan, bisa dicicil di bawah Rp200 ribu per bulan. Ada skemanya. Bunganya rendah sekali, karena di-mixed antara subsidi dan bunga pemerintah," ujar Hatta saat ditemui di Jakarta, Kamis, 3 Maret 2011.

Hatta menjelaskan, harga rumah murah senilai Rp25 juta itu hanya untuk bangunan fisik. Sebab, dalam rencana kluster yang akan dibuat pemerintah terdapat sejumlah komponen, antara lain listrik, air bersih, dan rumah sehat, serta sarananya.

Prabowo Bertemu Cak Imin, PAN: Jangan Langsung Artikan PKB Sudah Pasti Gabung

"Jika rumah tersebut dibangun dalam sebuah kluster, bisa sekaligus dengan membangun rumah dan listriknya," tuturnya.

Sementara itu, untuk 100 ribu unit rumah murah tersebut, nantinya akan dibangun di Jawa dan luar Jawa. Namun, menurut Hatta, lokasi tersebut nantinya akan diprioritaskan untuk nelayan. "Nelayan kami prioritaskan," ujar Hatta. (art)

VIVA Militer: Gedung Konsulat Iran di Damaskus hancur akibat serangan Israel

Jenderal Zahedi Tewas Dibunuh Israel, Iran Tarik Pasukan dari Suriah

Pasukan Iran ditarik dari wilayah selatan Suriah.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024