Sudah Patuh, PKB Tunggu Imbalan SBY

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Hadi Utomo & Anas Urbaningrum
Sumber :
  • Antara/ Jefri Aries

VIVAnews - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menunggu sikap Presiden SBY tentang usulan partai politik anggota koalisi untuk memberikan imbalan bagi yang mematuhi komitmen koalisi, dan sebaliknya, menjatuhkan sanksi bagi yang membangkang.

"Kami sudah mengusulkan ke SBY. Pada prinsipnya, soal reward and punishment Beliau (SBY) setuju dan akan membuka kembali kontrak yang dulu disepakati," kata Ketua Fraksi PKB, Marwan Ja'far, di Jakarta, Kamis, 3 Maret 2011.

Marwan menyatakan PKB adalah salah satu anggota koalisi yang selalu taat dan patuh. Toh demikian, politisi PKB ini belum dapat memastikan imbalan seperti apa yang akan diberikan SBY kepada partainya. "Semua hak prerogratif Presiden. Kami tidak mencoba masuk ke ruang ini. Berapa jumlahnya dan apa posisinya di kabinet, tidak etis kami tahu. Tanya ke Presiden," ujarnya.

Setelah usulan Angket Mafia Pajak ditolak di DPR, kisruh di antara partai anggota koalisi terus mengemuka. 

Akui Kemenangan Prabowo-Gibran, Habib Bahar: Saya Ambil Hikmahnya PDIP Nyungsep

"PKB akan terus menerus melakukan evaluasi dan mendorong anggotanya untuk terus mengabdi," kata Marwan.

Sementara itu, untuk Setgab (Sekretariat Gabungan) PKB menyarankan agar direvilitalisasi dan kepada partai anggota koalisi yang tidak loyal supaya dijatuhkan sanksi. "Saya kira seperti PKB saja, kalau ada anggota yang tidak loyal untuk apa dipertahankan, jadi duri dalam daging," ujarnya.

Sekjen PKB, Imam Nahrowi, menjelaskan mengenai kehadiran Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar, dalam rapat koalisi di Istana Negara, kemarin. Menurut dia, pertemuan yang juga dihadiri para petinggi Partai Demokrat itu tak istimewa. "Itu pertemuan biasa, Setgab, tidak ada urusannya dengan reshufle kabinet," katanya, diplomatis. (kd)

Mohamed Salah, Duel Liverpool vs West Ham United

Prediksi Pertandingan Premier League: West Ham United vs Liverpool

Duel West Ham United vs Liverpool dalam lanjutan Premier League matchday ke 35 di London Stadium, Sabtu 27 April 2024, pukul 18.30 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024