AirAsia Bidik Penumpang Australia dan China

Pesawat AirAsia
Sumber :
  • AP Photo/Lai Seng Sin

VIVAnews - PT Indonesia AirAsia akan membuka rute penerbangan baru ke Darwin, Australia dan China.

Partai-partai Pengusung Anies Sudah Sangat Cair dan Bisa Gabung Prabowo, Menurut Pengamat

Pembukaan rute ke Darwin tersebut guna memberikan layanan bagi wisatawan Australia yang akan berkunjung ke Indonesia, terutama Bali. "Australia akan menjadi tujuan kami yang utama," kata Direktur Utama AirAsia, Dharmadi, di Jakarta, Kamis, 3 Maret 2011.

Menurut Dharmadi, pembukaan jalur Surabaya-Darwin tidak hanya akan mendatangkan wisatawan dari Darwin, tapi juga daerah di selatan Australia lainnya.

Dia menambahkan, jalur Surabaya nantinya akan banyak melayani perjalanan internasional. Hal itu berdasarkan pergerakan penumpang Australia yang tidak hanya mengunjungi Bali.

Selamat! Mpok Alpa Umumkan Hamil di Usia 37 Tahun

"Kami melihat wisatawan Australia biasanya melanjutkan perjalanan mereka ke utara seperti Bangkok, Singapura, dan Hong Kong serta China daratan," ujar Dharmadi.

Dharmadi menjelaskan, China juga akan menjadi negara tujuan penerbangan selanjutnya bagi AirAsia, karena tingginya pergerakan penumpang asal negeri Tirai Bambu itu.

Data Bali Tourism Board menunjukkan, jumlah wisatawan asing ke Bali pada periode Januari-September 2010 mencapai 1.919.126 orang, termasuk 157.009 wisatawan dari China yang merupakan peringkat ketiga terbanyak. 

Tablet Samsung yang Baru bikin Penasaran

Aeronautical Adviser to CEO AirAsia, Suratman, menambahkan, AirAsia akan mulai membuka rute ke China pada tahun depan.

Tidak hanya itu, menurut dia, perusahaan juga akan membuka rute baru di wilayah Indonesia timur guna meningkatkan penetrasi AirAsia terhadap pasar low cost carier domestik dan internasional. "Kami melihat Makassar sebagai pintu bisnis Indonesia timur, potensi besar untuk pertumbuhan," kata dia.

Ia melanjutkan, rute melalui Makassar nantinya akan menghubungkan kota itu ke kota lain di luar negeri tanpa harus melalui Jakarta.

Suratman menjelaskan, penumpang di Makassar memang tidak terlalu banyak, namun daerah sekitarnya akan pergi ke Makassar karena sebagai pusat bisnis. "Dan selama ini, belum ada airline dalam negeri yang memberikan layanan ini," kata dia.

Rute Makassar tersebut akan terealisasi setelah pelepasan saham perdana AirAsia pada 2012. Adapun rute baru yang akan dituju adalah Makassar-Brunei, Kinabalu, Hong Kong, dan Singapura. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya