Redam Stres Lewat Akupunktur

Akupuntur
Sumber :
  • doc Corbis

VIVAnews - Stres dapat mengakibatkan sejumlah gangguan kesehatan seperti migrain, insomnia, penurunan kekebalan tubuh, depresi, dan nyeri otot. Demi mempertahankan kualitas hidup, atasi masalah ini dengan akupuntur sebagai salah satu alternatif.

Akupuntur merupakan teknik pemijatan dengan memberi tekanan pada titik-titik tertentu permukaan tubuh yang terletak di jalur aliran darah. Penekanan umumnya dilakukan dengan jarum.

Seperti dikutip dari Female first, para ahli akupunktur melakukan teknik rangsangan itu untuk mengidentifikasi ketidakseimbangan pemicu stres. Menurut mereka, cara tersebut lebih efektif dibandingkan melakukan perawatan medis.

Stres biasanya memicu pelepasan hormon stres yang mengganggu aliran energi dalam tubuh. Ini membuat otot-otot menegang, mengurangi aliran darah, menghambat pasokan oksigen ke jaringan, perlambatan metabolisme, dan gangguan sistem kekebalan tubuh.

Maureen Cromey, ahli akupunktur asal Inggris, mengatakan, akupunktur memulihkan aliran energi dan peningkatan sirkulasi darah. Tekanan pada titik yang tepat memicu pelepasan senyawa ke otak untuk mengontrol hormon stres. Ini berperan menstabilkan denyut jantung, menurunkan tekanan darah dan melemaskan otot-otot.

Akupunktur berasal dari pengobatan China tradisional untuk memulihkan, meningkatkan dan menjaga kesehatan. Dalam perkembangannya, metode ini diadaptasi dalam sistem pengobatan modern sebagai pengobatan alternatif. (adi)

Ada Kesan Anies Baswedan Mulai Ditinggalkan Partai Pendukungnya, Menurut Pengamat
Chandrika Chika

Kondisi Terkini Chandrika Chika di Tahanan, Usai Jadi Tersangka Kasus Narkoba

Usai resmi ditahan, orangtua Chandrika Chika langsung menjenguk sang putri. Ibunda Chandrika Chika, Poppy Putry, mengungkapkan bahwa anaknya dalam keadaan yang baik.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024