Nyepi di Bali

Nongkrong di Kuta, Turis Malaysia Dicokok

Umat Hindu bersiap rayakan Nyepi
Sumber :
  • ANTARA/ Andika Betha

VIVAnews – Banyak turis asing yang berada di Bali tidak mengetahui makna Hari Raya Nyepi yang dirayakan umat Hindu. Salah satu turis yang belum tahu itu adalah Mike, seorang turis asal Malaysia.

Mike dipergoki pecalang atau petugas adat di Bali sedang nongkrong di pinggir Pantai Kuta, Bali, di saat umat Hindu sedang melakukan Tapa Brata yang mewajibkan mereka menahan diri di rumah. Pecalang lalu beraksi mengamankan Mike ke pos pecalang terdekat.

“Saya cuma tahu ada pawai, di sepanjang Jalan Kuta ramai, jadi saya tengok saja,” kata Mike menceritakan motifnya berada di Kuta, Sabtu 5 Maret 2011.

Mike mengaku baru tiba di Bali pada Jumat, 4 Maret, pukul 19.00 Waktu Indonesia Tengah  (WITA). Mike sempat heran mengapa pada jam-jam tersebut banyak lampu penerangan jalan yang dimatikan, namun Mike tak mengacuhkan.

Sejarah Tercipta Thomas Cup dan Uber Cup, Sempat Tertunda Gegara Perang Dunia II

Dan pagi ini, dia pun ke luar dari penginapannya, berpikir hendak menghabiskan waktu di pantai. Sampai akhirnya pecalang memergoki dia.

Karena semua hotel tutup, Mike akhirnya dibawa di pos satgas Kuta hingga usai Tapa Brata penyepian 6 Maret 2011 pukul 06.00 WITA. Ketua Satgas pantai Kuta, Anak Agung Ngurah Tresna, mengatakan, untuk sementara Mike dititipkan di pos satgas Kuta dengan persediaan makanan seadanya.

“Yang pasti tidak ada warung yang buka, otomatis harus makan seadanya di sini,” katanya. (art)

Laporan: Peni Widarti | Bali

Pepaya

Heboh Aksi Pedagang Buang Puluhan Ton Buah Pepaya, Ternyata Ini Penyebabnya

Buah pepaya yang dibuang oleh pedagang ini diduga dalam kondisi masih layak untuk dikonsumsi dan ada juga yang sudah busuk, sehingga menumpuk diakses jalan depan los buah

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024