Hingga Juni, Biaya Tambah Listrik Gratis

Membayar tagihan listrik di "Drive Thru" PLN
Sumber :
  • Antara/ Akbar Nugroho Gumay

VIVAnews - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) mulai awal Maret hingga Juni 2011 menawarkan layanan gratis tambah daya listrik bagi masyarakat yang ingin menaikkan daya listrik dari 450 watt dan 900 watt menjadi 1.300 watt dan 2.200 watt.

"Kini PLN menggratiskan biaya tambah daya itu," kata Manajer Senior Komunikasi Korporat PLN Bambang Dwiyanto dalam keterangan pers yang diterima VIVAnews di Jakarta, Minggu, 6 Maret 2011.

Bambang menyatakan jika selama ini PLN memprioritaskan pelayanan penyambungan baru bagi peminta listrik yang sudah menunggu lama, kini giliran perusahaan memberikan kenyamanan bagi pelanggan 450 watt dan 900 wattt untuk bisa menaikan daya listriknya.

Dengan program gratis penambahan daya tersebut, PLN berharap masyarakat yang selama ini seringkali mengalami padam listrik akibat daya lebih rendah dari kebutuhan akan terbantu.

Diakui PLN, selama ini penambahan daya listrik memang relatif mahal. Sebagai catatan, masyarakat ingin menambah daya dari 900 watt menuju 1300 watt, harus mengeluarkan biaya Rp300 ribu. Sedangkan untuk menaikan daya menjadi 2.200 watt diperlukan biaya Rp975 ribu.

Kendati menggratiskan biaya penambahan daya listrik, PLN mengaku pendapatan perusahaan tidak akan berkurang. Sebab, penambahan daya listrik otomatis akan menambah pendapatan perusahaan dari para pelanggan. "Harga listrik 1300 watt atau 2200 watt lebih tinggi dibanding 450 watt atau 900 watt," kata Bambang.

Lebih jauh, peningkatan pelanggan dengan daya listrik lebih besar akan berdampak pada berkurangnya subsidi listrik yang diberikan pemerintah.

PLN memperkirakan pelanggan daya 450 watt dan 900 watt yang masing-masing berjumlah 1 juta pelanggan, akan akan memanfaatkan kesempatan emas ini demi kenyamanan pemakaian listrik dan sekaligus berkontribusi membantu keuangan negara. Permintaan terbesar kemungkinan berasal dari pelanggan di Pulau Jawa. (kd)

Berhasil Gagalkan Penyelundupan Sabu, 2 Prajurit Pulanggeni Kopasgat TNI AU Dapat Penghargaan
Jeno NCT

Jeno NCT Ulang Tahun ke-24! Fakta Menarik Sang 'Kapten' NCT yang Jarang Diketahui

Jeno NCT kini tengah bahagia karena ia sedang berulang tahun tepat pada Selasa, 23 April 2024. Jeno yang memiliki nama panjang Lee Jeno ini sudah menginjak usia 24 tahun.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024