Kucing Pendeteksi Serangan Epilepsi

Lilly, kucing yang bisa prediksi epilepsi
Sumber :
  • DailyMail

VIVAnews - Serangan epilepsi membuat Nathan Cooper, 19, berisiko mengalami kematian mendadak. Tetapi seorang kucing betina bernama Lilly, berhasil menyelamatkannya dengan melakukan deteksi awal serangan epilepsi.

Lilly seperti memiliki sistem medis peringatan dini yang sangat sensitif. Kucing itu bisa mendeteksi serangan epilepsi beberapa minggu sebelum serangan terjadi. Bahkan, Lilly akan memberikan peringatan pada orangtua Nathan dengan nada mengeong yang berbeda dari biasanya.

"Secara normal, Lilly adalah kucing yang sangat tenang. Tetapi ketika Nathan akan mengalami serangan epilepsi, Lilly akan berlari kencang menuruni tangga dan mengeong dengan sangat kencang," kata ibu dari Nathan, Tracey, seperti dikutip dari Daily Mail.

"Lilly tampaknya memiliki semacam indera yang membuatnya mengetahui sesuatu hal sebelum hal itu terjadi. Tentu saja ini sangat membantu kondisi Nathan, ia bisa saja jatuh atau terbentur saat serangan epilepsi datang," katanya.

Keluarga yang tinggal di Bournemouth, Inggris ini, sudah memelihara Lilly selama satu tahun. Tracey percaya, kucing berusia 14 bulan itu menyelamatkan nyawa anaknya lebih dari satu kali.

"Pertama kali saat Lilly berada di dekat Nathan dan serangan muncul, Nathan sempat mengalami henti bernapas. Lilly terlihat sangat gelisah. Kucing itu lalu menjilat mulut Nathan dan anakku mulai bernapas kembali. Saat ini Lilly tidak pernah jauh dari Nathan," kata Tracey.

Kondisi ini diceritakan Tracey pada staf rumah sakit tempat Nathan melakukan pemeriksaan. Tetapi staf rumah sakit mengatakan kepada Tracey dan suaminya Simon, tidak pernah mendengar hewan peliharaan bisa memiliki kemampuan mendeteksi serangan epilepsi.

Beberapa ahli mengungkap kalau kemungkinan bahwa indera penciuman yang sensitif pada anjing dan kucing bisa membantu mereka mendeteksi perubahan zat kimia yang bersifat halus dalam tubuh manusia. (pet)

Syahrul Yasin Limpo ke Eks Ajudannya: Panji Lihat Sini, Saya Bapakmu
Pers rilis ungkap kasus pembunuhan ibu dan anak yang terjadi di Jalan Macan Lindungan, Kelurahan Bukit Baru, Kecamatan IB I Palembang.

Terungkap, Motif Pembunuhan Sadis Ibu dan Anak di Palembang

Polisi berhasil meringkus pelaku pembunuhan terhadap Wasila (40) dan anak perempuannya Farah (16), yang terjadi di Jalan Macan Lindungan, Kelurahan Bukit Baru, Kecamatan

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024