Jasa Marga Akuisisi Tol Jawa Timur

Dirut Jasa Marga: Frans S. Sunito
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - PT Jasa Marga Tbk (JSMR) akan mengakuisisi satu ruas jalan tol di Jawa Timur (Jatim) dengan panjang 12 kilometer.

"Itu positif, baru dua hari lalu deal," ujar Direktur Utama JSMR, Frans S Sunito di Jakarta, Senin 14 Maret 2011.

Surya Paloh Pikir-pikir Usung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024

Perseroan, menurut Frans, akan memiliki 52 persen saham pada ruas tol tersebut melalui anak usaha Jasa Marga, PT Margabumi Adhika Raya (MBAR). Sedangkan pemilik saham lainnya adalah Pemda Jawa Timur dan investor.

Ruas tol Jatim tersebut adalah Gempol-Pandaan. Tol ini merupakan bagian dari 24 ruas rol yang mengkrak pembangunannya.

"Kami ambil, karena letaknya satu daerah dengan tol yang sudah kita miliki sekarang," kata Frans. Saat ini, perseroan memiliki jalan tol Surabaya-Porong-Gempol dan Gempol Pasuruan.

Ruas tol tersebut saat ini telah 80 persen untuk pembebasan tanahnya. "Kami berharap, semester dua sudah mulai konstruksi," ujar Frans.

Lawan PSM Makassar Jadi Laga Hidup Mati Bagi Arema FC

Jasa  Marga, kata Frans, akan menggunakan dana internal dan pinjaman bank dengan komposisi 70-30 persen.

Selain itu, Jasa Marga juga tertarik mengikuti tender jalan tol Pandaan-Malang. Sebab, perseroan menargetkan mengakuisisi hingga dua ruas tol lagi pada tahun ini. "Ada satu sampai dua lagi tapi saya belum bisa bilang," kata dia.

Ibas Harap Prabowo-Gibran Penuhi Janji Politik saat Kampanye

Ketika ditanya apakah akan mengakuisisi ruas tol Trans Jawa, Frans hanya menjawab, kalau pemerintah sudah memutuskan, artinya pemerintah sudah menunjukkan kepercayaan mereka.

Adapun Jasa Marga saat ini tengah mengerjakan tujuh ruas tol yang tersebar di Pulau Jawa. Ruas Tol itu antara lain Bogor Ring Road II, Lingkar JORR II dan III (Serpong-Kunciran-Bandara Udara Soekarno -Hatta), Semarang -Solo, Surabaya Ungaran, Surabaya-Mojokerto, Gempol-Pasuruan, JOR W2 antara Kebun Jeruk-Ulul Jami.

Nathan Tjoe-A-On

Kata Shin Tae-yong Usai Heerenveen Izinkan Nathan Tjoe-A-On Kembali ke Timnas Indonesia U-23

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong buka suara terkait Nathan Tjoe-A-On yang bisa kembali memperkuat Timnas Indonesia U-23 di perempat final Piala Asia U-23 2024

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024