Investor Saham Pantau Bencana Nuklir Jepang

Pialang memantau pergerakan saham.
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Pelaku pasar di Bursa Efek Indonesia hari ini, Rabu 16 Maret 2011 diprediksi masih mewaspadai dampak bencana Nuklir yang melanda Jepang pasca-gempa dan tsunami Jumat lalu. Aksi panik jual pada bursa Asia diduga bisa kembali melanda pasar saham Indonesia.

Saham apa yang sebetulnya masih direkomendasikan layak diburu investor dalam mengantisipasi hal tersebut? Berikut, penuturan dua orang analis dan pengamat saham saat dihubungi VIVAnews.com di Jakarta.

Ukie Jaya Mahendra, direktur PT Paramitra Alfa Securities berpendapat, pemodal sebaiknya melakukan selektif beli saham di saat bursa sedang berfluktuasi akibat didera sentimen negatif indeks saham regional yang tergerus bencana Jepang. "Cari saham yang berfundamental kuat dan mampu bertahan di saat krisis," ujarnya.

Dia merekomendasikan, saham PT United Tractors Tbk (UNTR), PT Kalbe Farma Tbk (KLBF), dan PP London Sumatra Indonesia Tbk (LSIP). Sebab, selain harganya saat ini terbilang murah, perseroan memiliki fundamental yang kuat dan terbukti mampu bertahan di saat krisis melanda.

"Misalnya, UNTR yang diberitakan terkena dampak akibat pabrik Komatsu di Jepang tutup. Saya pikir tidak terlalu terpengaruh, karena perseroan memiliki fundamental bagus dan merupakan salah satu usaha grup Astra yang selalu menjadi incaran investor," kata Ukie.

Sedangkan KLBF, Ukie menambahkan, termasuk saham di sektor consumer goods (barang-barang konsumsi) yang fundamentalnya terbukti mampu bertahan di saat krisis. "Kalau LSIP, terkait harga komoditas CPO (minyak sawit mentah) yang cenderung meningkat seiring penguatan harga minyak mentah dunia," tutur analis yang masuk dalam keanggotaan Asosiasi Analis Efek Indonesia.

Di tempat terpisah, Deni Hamzah, pengamat pasar modal juga menyarankan investor sebaiknya memilih saham-saham berbasis consumer goods pada perdagangan hari ini. "Seperti saham dengan kode MICE (PT Multi Indocitra Tbk), meski pasar terpuruk harga sahamnya tetap stabil," tuturnya.

Tidak hanya itu, dia juga merekomendasikan saham di sektor bank yang saat ini masih diselimuti sentimen positif dirilisnya laporan keuangan emiten. "Saham dengan kode BJBR (PT Bank Pembangunan Daerah Jabar dan Banten Tbk) menarik, karena sentimen positif laba dan rencana bagi dividen 65 persen dari laba bersih," ujar Deni.

Seperti diketahui, menurut data otoritas bursa kemarin, Selasa 15 Maret 2011, indeks harga saham gabungan (IHSG) kembali bertahan di zona negatif karena terbawa arus negatif pasar saham Asia yang terpuruk akibat bahaya nuklir Jepang. IHSG terkoreksi 45,36 poin atau 1,27 persen ke level 3.524,48,

Sementara itu, saham dengan kode UNTR pada penutupan pedagangan kemarin tercatat terkoreksi sebesar Rp300 atau 1,33 persen pada posisi Rp22.100.

Pada perdagangan Selasa, saham alat berat di tambang maupun perkebunan tersebut tidak seluruhnya terjadi transaksi, sehingga masih memiliki sisa penawaran beli tinggi mencapai 1.620 lot. Sementara itu, transaksi yang terjadi sebanyak 20.582 lot.

Saham unggulan lainnya, Kalbe Farma juga mengalami melemah Rp125 (empat persen) menjadi Rp3.000. Saham industri farmasi tersebut menyisakan sisa penawaran beli mencapai 12.852 lot, dengan transaksi yang terjadi sebanyak 41.663 lot.

Sedangkan saham berkode LSIP terkoreksi Rp75 atau 3,29 persen ke level Rp2.200. Saham perkebunan ini terjadi transaksi 83.815 lot, dengan sisa penawaran beli sebanyak 34.946 lot. (umi)

Golkar Terbuka Jika Jokowi-Gibran Mau Gabung: Amin, Kami Anggap Doa
VIVA Militer: Kapuspen TNI Mayjen TNI Nugraha Gumilar

Fakta-fakta Anggota TNI Tersambar Petir di Depan Mabes Cilangkap, 1 Meninggal Dunia

Dua orang anggota TNI tersambar petir di depan kawasan Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur. Hal itu diungkap Kepala Pusat Penerangan TNI, Mayjen Nugraha Gumilar.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024