Serotonin, Si Penilai Kemesraan

Si dia makin sayang
Sumber :
  • dok. Corbis

VIVAnews - Saat melihat sepasang kekasih atau suami istri seringkali kita membuat penilaian. Baik romantis, hangat atau intim. Penilaian ini ternyata dipengaruhi oleh level aktivitas serotonin, yang merupakan zat kimia pada otak. Hal itu menurut penelitian yang dilakukan tim dari Oxford University, Inggris.

Diketahui, seseorang yang tingkat aktivitas serotonin rendah, menilai foto pasangan dengan kurang intim atau kurang romantis. Hal ini dibandingkan dengan yang aktivitas serotoninnya dalam keadaan normal.

Hasil penelitian ini meningkatkan kemungkinan bahwa aktivitas serotonin rendah pada orang yang depresi dan mengalami kondisi kejiwaan dapat menyebabkan perubahan dalam cara mereka melihat hubungan pribadi.

"Aktivitas serotonin sangat penting dalam membentuk perilaku sosial dan berhubungan dengan kelainan psikologis seperti depresi," kata Professor Robert RogersĀ  dari Department of Psychiatry, Oxford University, seperti dikutip dari sciencedaily.com.

"Kami ingin melihat pengaruh aktivitas serotonin terkait penilaian hubungan pribadi orang lain," katanya.

Masalah hubungan sosial dan perasaan terisolasi adalah jenis depresi yang terjadi pada beberapa orang. Ada kemungkinan bahwa perubahan dalam sistem otak - seperti serotonin - berkontribusi pada kesulitan tersebut, yaitu dengan mengubah cara orang berpikir tentang hubungan dengan pasangannya.

Dalam penelitian ini, tim dari Oxford University, memanipulasi aktivitas serotonin pada responden yang terdiri dari para orang dewasa. Mereka kemudian diminta memberikan penilaian pada beberapa set foto pasangan.

Sebelumnya mereka dibagi dalam dua kelompok. Kelompok pertama diberikan minuman mengandung tryptophan, yaitu asam amino sumber produksi serotonin dalam otak. Lalu, kelompok kedua tidak diberikan minuman yang mengandung tryptophan.

Hasilnya, 22 responden yang tidak mengonsumsi minuman yang mengandung tryptophan, secara konsisten menilai pasangan kurang intim dan kurang romantis. Itu dibandingkan dengan 19 orang responden yang mengonsumsi minuman yang mengandung tryptophan.

"Meskipun ini hanya sebuah penelitian kecil, pola yang sama juga dapat mengetahui cara kita memandang hubungan sendiri. Aktivitas serotonin dapat memengaruhi kemampuan seseorang yang mengalami depresi untuk mempertahankan hubungan pribadi yang positif atau intim," kata Profesor Rogers. (pet)

Terpopuler: Kebiasaan yang Tidak Boleh Dilakukan di Mekkah sampai Alasan ke BaliSpirit Festival
Ria Ricis

Terpopuler: Ria Ricis Diduga Sindir Teuku Ryan sampai Betharia Sonata Sakit

Round-up dari kanal Showbiz pada Sabtu, 4 Mei 2024. Salah satunya tentang Ria Ricis setelah rumah tangganya dinyatakan selesai alias bercerai.

img_title
VIVA.co.id
5 Mei 2024