Ingin Tidur Pulas? Coba Olahraga Ini

aerobik atau senam
Sumber :
  • inmagine

VIVAnews - Ingin memperbaiki kualitas tidur dan mood, cobalah rutin berolahraga. Berdasar sebuah studi, aerobik merupakan olahraga terbaik untuk meningkatkan kualitas tidur, mood dan vitalitas.

Seperti dikutip dari Times of India, peneliti menguji pengaruh latihan aerobik pada orang dewasa, setengah baya, dan mereka yang berusia lebih tua dengan insomnia. Sekitar 50 persen masyarakat di kelompok usia tersebut, mengeluhkan gejala insomnia kronis.

"Kasus insomnia semakin banyak diderita orang seiring bertambahnya usia dan jumlahnya pun kian meningkat," kata Phyllis Zee, direktur Sleep Disorders Center di Universitas Northwestern dan penulis senior studi.

Saat usia pertengahan, jadwal tidur mulai berubah secara dramatis. Dalam kondisi itu, sangat penting mengidentifikasi cara untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas tidur. "Latihan aerobik adalah strategi sederhana untuk membantu orang tidur lebih baik dan merasa lebih kuat," ujar Zee.

Penelitian yang dipublikasikan dalam Jurnal Sleep Medicine mengungkap bahwa aerobik memicu peningkatan dramatis kualitas tidur, termasuk durasi tidur, dibandingkan dengan intervensi non-farmakologis lainnya.

"Selain kolaborasi asupan nutrisi seimbang dan olahraga, tidur juga merupakan bagian penting dari gaya hidup sehat," kata Zee, yang merupakan profesor neurologi, neurobiologi, dan fisiologi di Universitas Northwestern. (adi)

Terpopuler: Hal yang Dilakukan Suami Jika Istri Hyperseks sampai Bahaya Pijat Perbesar Penis
Pemain Timnas Indonesia U-23 rayakan gol

Komentar Erick Thohir Usai Timnas Indonesia Tembus Semifinal Piala Asia U-23

Catatan sejarah ditorehkan Timnas Indonesia U-23. Armada Shin Tae yong memastikan tiket ke semifinal Piala Asia U 23 2024 usai menyingkirkan Timnas Korea Selatan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024