AT&T Akuisisi T-Mobile di AS

Kantor AT&T di Dallas, AS
Sumber :
  • AP Photo/Eric Gay

VIVAnews - Secara mengejutkan, T-Mobile USA diumumkan telah terjual senilai US$39 miliar atau setara Rp342 triliun kepada raksasa operator di Amerika Serikat, AT&T.

Meski rumor tentang dijualnya T-Mobile beredar hangat dalam beberapa tahun terakhir, namun mereka selalu membayangkan dapat menggabungkan kekuatan bersama operator kecil, seperti Sprint Nextel atau operator termuda, Clearwire. Ternyata, kondisi tidak seperti yang dibayangkan.

Menurut kesepakatan tersebut, seperti dilansir cellular-news.com, Deutsche Telekom sebagai pemegang saham penuh T-Mobile akan menerima US$25 miliar atau setara Rp219 triliun dalam bentuk tunai dan US$14 miliar (Rp122 triliun) dalam bentuk saham di AT&T. Secara struktural, Deutsche Telekom akan menjadi pemegang saham minoritas terbesar di AT&T dengan delapan persen saham.

Namun, AT&T tetap mempunyai hak untuk meningkatkan porsi dari harga pembelian yang dibayarkan secara tunai hingga US$4,2 miliar atau Rp36,8 triliun dengan pengurangan yang sesuai komponen saham.

Perjanjian dua perusahaan juga mencakup ditempatkannya satu orang perwakilan Deutsche Telekom di dewan direksi.

Sekadar diketahui, dalam transaksi itu, T-Mobile USA telah dijajaki sebanyak tujuh kali dengan mempertimbangkan laba sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi (EBITDA) yang sudah disesuaikan dengan bisnis pada 2010.

Meski sudah melalui penandatanganan, proses merger itu masih harus disetujui dua organisasi resmi lain, yakni US Department of Justice (DoJ) dan Federal Communications Commissions (FCC). Proses transaksi tersebut diharapkan benar-benar rampung pada enam bulan pertama 2012.

Setelah transaksi ditutup, kabarnya Deutsche Telekom berencana untuk menggunakan sekitar 13 miliar euro atau setara Rp161 triliun dari obligasi untuk mengurangi utangnya. Dan, sekitar 5 miliar euro atau setara Rp62,1 triliun lainnya untuk membeli sahamnya kembali.

Berikut pemeringkatan sejumlah operator di AS yang disortir berdasarkan jumlah pelanggan:

Progres Pembangunan Tol Bayung Lencir-Tempino Seksi 1 Capai 83,85 Persen

Sebelum MergerSetelah Merger
AT&T95,5 juta129,2 juta
Verizon Wireless94,1 juta
94,1 juta
Sprint Nextel49,9 juta49,9 juta
T-Mobile USA33,7 juta
-
Metro PCS8,1 juta8,1 juta
US Cellular6 juta6 juta
Leap Wirelesss5,5 juta5,5 juta
Clearwire4,3 juta4,3 juta

  (art)

Prabowo Segera Bahas Koalisi Setelah Ditetapkan Jadi Presiden Terpilih Besok
Ganjar Pranowo bersama relawan Ganjarist.

Hormati Putusan MK, Ganjarist: Pertarungan Pilpres Sudah Selesai Namun Perjuangan Kami Belum

Usai Pilpres 2024, Ganjarist berjanji akan terus mengawal pemerintahan dan tetap kritis terhadap keputusan yang tak berpihak kepada rakyat.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024