Kadin: Jepang Akan Segera Bangkit Lagi

Warga di Prefektur Fukushima, Jepang, menjalani tes radiasi nuklir.
Sumber :
  • AP Photo/Gregory Bull

VIVAnews - Ketua Umum Kadin Indonesia Suryo Bambang Sulisto mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dan mewaspadai produk dari Jepang, utamanya makanan, yang dikhawatirkan terpapar radiasi nuklir. 

"Mengenai barang-barang Jepang yang terkena radiasi, sejauh ini kami belum melihat itu di Indonesia. Tapi, tidak ada salahnya waspada dan mengambil langkah antisipatif. Apapun itu bentuknya, utamanya makanan," kata Suryo kepada VIVAnews.com di Jakarta.

Di sisi lain, Suryo menilai negara sekelas Jepang pastilah menerapkan standar keamanan-produk yang sangat tinggi. Dia hakulyakin tak mungkin Jepang dengan sengaja membiarkan negara lain terkena dampak dari ancaman radiasi nuklir tersebut. Karena itu, menurutnya, masyarakat di Indonesia tidak perlu terlalu khawatir.

"Kalau terkena radiasi, pasti mereka (Jepang) tidak akan mengekspor itu. Jepang kan negara yang sangat memikirkan hal-hal seperti itu. Pasti mereka telah antisipasi itu," kata Suryo.

Lebih lanjut, Suryo juga mengungkapkan keyakinannya bahwa Jepang akan bangkit kembali dalam waktu yang tidak terlalu lama. Dia menilai Jepang merupakan negara paling siap menghadapi musibah seperti ini. "Tidak ada negara di dunia yang memiliki semangat kesiapan seperti Jepang. Saya kok yakin mereka akan bangkit dalam waktu yang tidak terlalu lama," kata Suryo. (kd)

Artis Jebolan KDI Asal Lombok Jadi Tersangka Perdagangan Orang, Total Uang Korban Rp260 juta
Teuku Ryan

Babak Baru Drama Teuku Ryan-Ria Ricis, Sang Adik Unggah Doa Sang Kakak Agar Dijauhkan dari Setan

Netizen terlihat mengomentari sikap Teuku Ryan dan adiknya yang dinilai tak pantas. Komentar di video tersebut juga ternyata sampai ke Ria Ricis

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024