Cara Miliarder Jepang Membantu Bencana (II)

Akira Mori
Sumber :
  • Forbes

VIVAnews - Sudah dua pekan berlalu, sejak gempa dan tsunami menghancurkan Jepang, negara dengan ekonomi terbesar ketiga dunia. Sektor ekonomi sudah pasti terganggu, termasuk pelaku bisnis di negeri itu. Bisnis mereka langsung terpuruk.

Tetapi seperti yang diberitakan Forbes, para miliarder Jepang tetap bersemangat memberikan bantuan terhadap korban gempa dan tsunami.

Berikut ini adalah kumpulan konglomerat Jepang yang terkena bencana dan upaya mereka membantu untuk sesama. Bagian pertama bisa anda lihat di tautan ini.

Respons Albertina Ho Usai Dilaporkan ke Dewas oleh Pimpinan KPK

Keluarga Saji, Kekayaan US$7,7 miliar
Saji Family
Keluarga Suntory mengirimkan 360 ribu botol air mineral Suntory pada 12 Maret dan menyumbangkan botol tambahan. Perusahaan juga memberikan sumbangan US$3,7 juta dalam bentuk tunai dan mematikan lampu pada iklan outdoor-nya, mengurangi penggunaan listrik di tempat usahanya untuk mengemat energi.



Akira Mori, Kekayaan US$5,9 miliar
Akira Mori
Pengembang Mori Trust menyiapkan 71 lokasi penggalangan dana di seluruh kantornya, termasuk perumahan, hotel dan fasilitas golf. Ia memberikan sumbangan sebesar US$250 ribu.

Akira Mori merupakan orang terkaya nomor 3 di Jepang. Dalam daftar miliarder dunia, ia menempati peringkat ke-143 versi Forbes.

Indonesia Jadi Penghasil Sugar Daddy Terbanyak ke-2 di Asia Tenggara


Hiroshi Mikitani, Kekayaan US$5,6 miliar
Hiroshi Mikitani
Kepala operator pusat belanja online, Rakuten, menyumbangkan US$3,7 juta bagi usaha pemulihan. Ia juga melakukan penggalangan dana melalui Rakuten Securities, yang mengumupulkan US$3 juta dan layanan prabayar listrik, Edy, mendapatkan US$200 ribu.

Di Jepang ia merupakan orang terkaya nomor lima, sedangkan di urutan dunia ia menempati posisi ke-182.


Katsumi Tada, Kekayaan US$2,8 miliar
Katsumi Tada
Daito Trust Construction miliknya menyumbangkan US$3,7 juta untuk daerah yang terkena bencana melalui Palang Merah Jepang. Ia mempersiapkan 100 unit apartemen bagi orang yang terkena gempa, selama 6 bulan secara gratis. Perusahaan ini juga melakukan penggalangan dana dari karyawannya.

Pria yang menggeluti bisnis real estate itu merupakan orang terkaya di Jepang nomor 9 dan terkaya di dunia di peringkat ke-393 versi Forbes.

BI Bolsters Rupiah Stability with Interest Rate Hike to 6.25 Percent


Han Chang Woo, Kekayaan US$2,4 miliar
Han Chang Woo
Perusahaan permainannya mendonasikan US$6 juta, termasuk US$370 ribu berasal dari karyawan perusahaan. Perusahaan ini mensuplai minuman, makanan, obat-obatan, dan relawan serta aksi penggalangan dana di lokasi Maruhan di seluruh Jepang. Perusahaan ini beroperasi lebih pendek karena adanya pemadaman listrik bergilir.

Pria yang menggeluti industri game ini merupakan orang terkaya nomor 11 di Jepang dan urutan ke-459 untuk peringkat dunia versi Forbes. (art)

Anies Baswedan dan Presiden DPP PKS Ahmad Syaikhu.

PKS Bakal Sambangi Markas PKB Malam Ini, Bahas Apa?

Presiden terpilih Prabowo Subianto sudah mendatangi markas PKB pada Rabu kemarin.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024