Air Putih Samarkan Guratan Tak Indah

Minum air
Sumber :
  • dok. Corbis

VIVAnews - Meski muncul di area-area tersembunyi, stretch mark seringkali membuat banyak wanita tak percaya diri. Stretch mark atau guratan di kulit merupakan masalah kulit yang sering dikeluhkan para wanita, terutama usai melahirkan.

Pada dasarnya bentuk stretch mark terjadi karena kulit meregang melampaui elastisitas normal. Ketika ini terjadi, lapisan kulit tengah mempertahankan garis-garis tersebut sehingga timbul warna ungu merah di sekitar perut, payudara atau paha. Seiring waktu, garis-garis ini sering pudar menjadi warna putih atau keperakan dan menetap pada kulit.

Yang jadi masalah, stretch mark sulit dihilangkan. Tapi, Anda tidak harus terjebak dengan garis-garis tak sedap dipandang pada kulit. Ada beberapa cara mengurangi strecth mark, seperti dikutip dari Times of India.

Mutia Ayu Cerita Kedekatan Sang Putri dengan Marthino Lio Pemeran Glenn Fredly

Tindakan paling cerdas adalah memastikan Anda cukup hidrasi. Para ahli mengatakan, dengan asupan air yang cukup, kulit pun ikut terhidrasi, sehingga membuat stretch mark memudar.

Selain itu, menggosok kulit dengan loofah lembut di atas stretch mark dapat menstimulasi sirkulasi darah. Cara ini juga membantu menyingkirkan sel-sel kulit mati yang bisa menyamarkan stretch mark.

Memberi pelembab pada kulit juga merupakan faktor kunci menjaga ketahanan kulit. Pelembab berbahan kakao bisa membuat kulit menjadi lebih liat dan lebih elastis. Dan setelah mandi, oleskan minyak mengandung vitamin E pada kulit secara perlahan.

Untuk menyamarkan guratan-guratan di kulit ini lakukan perawatan tak hanya dari luar, tapi juga dari dalam tubuh. Perbanyak konsumsi makanan mengandung zinc, seperti sayuran berdaun hijau dan kacang kedelai.

Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) perdana kunjungan ke IKN

Jokowi Minta AHY Selesaikan 2.086 Hektar Lahan Bermasalah di IKN Tanpa Ada Korban

enteri ATR/BPN, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengungkap 2.086 hektar tanah di Ibu Kota Nusantara (IKN) masih bermasalah. Lahan itu, kata dia, masih ditempati oleh masya

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024