Biaya Gedung Baru DPR Tak Bisa Diubah Lagi

Maket gedung baru DPR
Sumber :
  • Antara/ Andika Wahyu

VIVAnews - Wakil Ketua Badan Urusan Rumah Tangga Pius Lustrilanang membantah biaya satu ruang kerja anggota dewan senilai Rp800 juta. Menurut dia, menghitung biaya pembangunan gedung 36 lantai tidak linear luas ruang 111,1 meter persegi dikali Rp7,2 juta sehingga kemudian bertemu angka Rp800 juta.

"Bangun gedung kan tidak sama dengan bangun rumah. Ini gedung 36 lantai, ada basement, lift, dan lain-lain," kata Pius di DPR, Selasa 29 Maret 2011.

Menurut dia, penolakan-penolakan ataupun permintaan penghitungan ulang biaya sudah terlambat. Sebab, keputusan sudah diambil, dan kini pelaksanaan teknis seperti tender sudah berlangsung. "Jadi sudah lewat itu," katanya.

Sebelumnya, Ketua DPR Marzuki Alie mengatakan pembangunan gedung DPR untuk konstruksinya membutuhkan biaya Rp4,5 juta. Rp7,2 juta merupakan biaya setelah ditambah fasilitas penunjang seperti basement, elektrikal, dan lift.

Sementara, sejumlah fraksi seperti PDIP dan PKS minta panitia menghitung ulang biaya pembangunan. Gedung 36 lantai itu nantinya dengan luas 157 meter persegi senilai Rp1,38 triliun.

Rizky Nazar Angkat Bicara Soal Dugaan Selingkuh, Beberkan Hal Ini
Parto Patrio

Terpopuler: Sakit yang Diidap Parto sampai Syifa Hadju Pernah Diperingatkan oleh Raffi Ahmad

Round-up dari kanal Showbiz pada Kamis, 26 April 2024. Salah satunya tentang sakit yang diidap Parto hingga harus dilarikan ke rumah sakit.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024