PAN Minta Proyek Gedung Baru DPR Dihentikan

Aksi ICW Tolak Gedung Baru DPR
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Fraksi Partai Amanat Nasional meminta rencana pembangunan gedung baru DPR dihentikan. Hal tersebut merupakan sikap resmi fraksi yang disampaikan di rapat paripurna DPR hari ini.

"Fraksi PAN  meminta agar seluruh proses dihentikan," ujar Sekretaris Fraksi PAN, Teguh Juwarno, dalam rapat paripurna, DPR RI, Jakarta, Selasa 29 Maret 2011.

Usai rapat paripurna, Teguh menjelaskan bahwa rencana pembangunan gedung baru tersebut menuai penolakan luas dari masyarakat. "Gedung DPR mestinya juga menjadi rumah rakyat. Oleh karena itu, seharusnya pembangunan gedung baru DPR juga mendapat persetujuan dari rakyat,"  kata Teguh.

PAN menyayangkan proses pembangunan gedung baru DPR yang tetap dilakukan. Dengan ada begitu banyak kritik dan penolakan, Fraksi PAN menyimpulkan masyarakat menolak rencana pembangunan gedung baru DPR.

"Tugas kita sebagai wakil rakyat kan mendengar aspirasi rakyat. Kita tidak boleh menutup mata dan telinga terhadap penolakan masyarakat itu," kata Teguh.

Dengan kondisi ruang kerja di DPR sekarang, secara pribadi Teguh merasa belum ada persoalan. Meski begitu, Fraksi PAN dapat memahami kebutuhan sarana penunjang kinerja anggota DPR.

Teguh menjelaskan bahwa luas ruang kerja anggota DPR yang hanya 3 x 5 meter lima, memang tampak berjubel jika harus berbagi dengan asisten pribadi dan tenaga ahli. Apalagi jika luas ruangan itu dibandingkan dengan ruang kerja pejabat pemerintah. "Ruang pejabat eksekutif seperti pejabat eselon 2 memang bisa luas sekali."

Namun, menurut Teguh, selama masyarakat tidak bisa diyakinkan bahwa pembangunan gedung baru itu merupakan suatu kebutuhan, sebaiknya jangan dipaksakan.

"Ini bukan soal iri-irian, pembangunan gedung tak bisa dilegitimasi hanya dengan persoalan itu," kata Teguh.

Selama ini, lanjut Teguh, sikap mengenai rencana pembangunan gedung yang disampaikan anggota PAN hanya bersifat pendapat pribadi. Dengan disampaikan langsung di rapat paripurna, penolakan tersebut menjadi sikap resmi PAN.

Spesifikasi Toyota Fortuner Hybrid yang Dijual Rp700 Jutaan
Vicky Prasetyo

Ulang Tahun ke-40, Vicky Prasetyo Ungkap Harapan Ingin Segera Menikah

Belajar dari pengalaman-pengalaman sebelumnya, Vicky Prasetyo telah mempersiapkan diri untuk berumah tangga dengan sebaik-baiknya.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024